SHARE
Debat Publik Pilgub Dimulai Hari Ini

Pontianak – Debat publik bagi pasangan calon Gubernur dan Wakil Gubernur Kalbar putaran pertama dimulai hari ini, Sabtu (7/4/2018).

Debat dimulai pukul 19.30 WIB di Ballroom Hotel Kapuas Palace. Tema putaran debat pertama kali ini membahas tentang kesejahteraan masyarakat dan pelayanan masyarakat.

“Persiapan sudah mencapai 95 persen. Hari ini jam 9 pagi sudah dilakukan gladi bersih dengan pasangan calon,” ujar Komisioner Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kalbar Misrawi, Sabtu (7/4/2018).

Misrawi menjelaskan, debat kali ini dibagi menjadi 6 segmen. Pertama penyampaian visi dan misi pasangan calon. Segmen kedua penajaman visi dan misi paslon berkaitan dengan teman kesejahteraan masyarakat.

“Paslon akan menjawab pertanyaan berbeda sesuai dengan visi misi masing-masing Paslon,” jelas Misrawi.

Segmen ketiga, lanjutnya, polanya sama dengan segmen kedua hanya beda tema. Di segmen ketiga pertanyaan yang akan disampaikan seputar pelayanan publik. Segmen keempat setiap paslon menjawab pertanyaan yg sama yang disampaikan moderator.

“Segmen kelima tanya jawab antar pasangan calon dan segmen keenam closing statment,” tuturnya.

Debat itu akan dilaksanakan dalam durasi 90 menit dengan rincian 30 menit jeda iklan dan 60 menit proses debatnya. “Masing-masing paslon dapat mengikutsertakan sebanyak 100 orang pendukung dalam debat,” terang Misrawi.

Debat bagi calon Gubernur dan Wakil Gubernur, akan dilakukan melalui tiga putaran. Putaran kedua akan diselenggarakan pada 5 Mei dan putaran ketiga akan dilakukan beberapa hari sebelum Pemilihan Kepala Daerah berlangsung yakni pada 21 Juni 2018.

Sementara itu, Komisioner Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kalbar Faisal Riza menuturkan pihaknya akan memantau perkembangan debat dengan mengawasi langsung di lokasi debat.

“Pada dasarnya kita mengacu  pada prinsip keadilan dan perlakuan yang sama antar paslon. Tidak melanggar larangan kampanye yang mendiskreditkan SARA dan lain-lain. Serta bekerja sama dengan KPI dalam rekaman tayangan,” jelas Faisal.

Faisal mengimbau bagi paslon, silahkan menyampaikan visi misi dan program kerjanya secara jelas dan berdebat pada substansinya. “Intinya harus menghindari hal-hal yang bersifat menghina dan perlakuan tidak menyenangkan lainnya,” pungkasnya. (NAN)