SHARE
Debat Pilgub Putaran Kedua Siap Dihelat
Debat Pilgub Putaran Kedua Siap Dihelat

PONTIANAK – Debat kedua kandidat calon gubernur dan calon wakil gubernur Kalbar akan digelar Sabtu (5/5/2018) malam di Qubu Resort. KPU Kalbar bekerja keras mematangkan persiapan debat bagi para calon pemimpin itu.

Ketua KPU Kalbar Umi Rifdiyawaty mengatakan bahwa penggunaan Qubu Resort sebagai tempat debat kandidat berdasarkan kapasitas ruangan dan bentuk ruangan yang fungsional dengan area yang luas.

“Kami menggunakan Qubu Resort dengan pertimbangan bahwa tempat ini memiliki ruangan lebih representatif dan luas. Misalnya dalam ruangan tidak ada tiang tiang yang menghalangi pandangan para penonton debat nantinya,” jelas Umi di Pontianak Jum’at (4/5/2018).

Umi menjelaskan bahwa undangan pada debat kali ini berjumlah 600 orang dari semua kalangan, termasuk para tim sukses. Persiapan KPU menjelang debat kedua ini sudah mencapai 85 persen dan akan segera dipersiapkan secara maksimal sebelum masuk waktu pelaksanaan debat.

Sementara itu, Coorporate Operasional Manager Qubu Resort Uray Henny Novita mengatakan, pihaknya teleh mempersiapkan ruangan dan area yang akan digunakan pada saat debat. Persiapan ini akan terus dikontrol hingga hari H nantinya.

“Animo tinggi masyarakat menjelang debat putaran kedua ini perlu diantisipasi. Terutama para pendukung masing-masing paslon. Kami akan terus berkoordinasi dengan pihak KPU, kepolisian serta pihak-pihak lainnya,” jelas Henny.

Henny berjanji tidak akan menggunakan jalan raya sebagai tempat parkir kendaraan guna meminimalisasi kepadatan kendaraan. Pihaknya memastikan area parkir hotel itu bisa menampung hingga 400 unit mobil.

“Saat ini tingkat persiapan ruangan maupun area sudah mencapai 90 persen. Kami terus lakukan cross check serta gladi resik guna menghindari terjadinya kesalahan pada hari pelaksanaan debat nantinya,” lanjutnya.

Henny juga mengatakan pada saat proses debat, akan dilakukan penyaringan terhadap siapapun yang akan memasuki ruangan debat dengan pemeriksaan check body, barang bawaan, serta identitas yang ketat oleh pihak keamanan.

“Kendala yang kami hadapi di hari H adalah lalu lintas. Pasalnya posisi Qubu Resort berada di jalur cepat dan utama menuju bandara serta waktu pelaksanaan pada malam Minggu. Biasanya kondisi jalanan padat dengan kemungkinan akan terjadi kemacetan. Di sisi lain, penerangan yang terbatas di jalanan sekitar hotel juga menjadi perhatian kami sebagai penyelenggara,” jelasnya.

Henny menegaskan akan menggunakan pihak keamanan internal dibantu kepolisian dan pihak lainnya guna membantu kelancaran acara. “Kami harus bisa memberikan rasa aman dan nyaman kepada para peserta yang akan hadir,” ucapnya. (CRS)