SHARE
Tujuh Pelabuhan Laut Selesai 2019
Tujuh Pelabuhan Laut Selesai 2019

PONTIANAKPresiden RI telah mencanangkan tujuh pelabuhan laut yang menjadi prioritas untuk diselesaikan pembangunannya tahun 2019. Salah satunya adalah pelabuhan laut di Pulau Temajo Kabupaten Mempawah.

Anggota Komisi IV DPRD Kalbar Prabasa Anantatur mengatakan pembangunan di Indonesia ini pendanaanya di luar dari APBN. Hal itu sudah dijelaskan oleh pihak Badan Perencanaan Pembangunan Nasional (Bappenas).

“Semua biaya pembangunan di Indonesia di luar dari dana APBN. Investasi yang masuk mencapai Rp570 triliun. Ini sebuah investasi yang luar biasa,” kata Prabasa, Kamis (19/4/2018).

Dari dana Rp570 triliun ini, kata dia, Rp300 triliun adalah untuk pembangunan jalan tol. Hanya saja belum diketahui apakah Kalbar masuk dalam pembangunan jalan tol dimaksud. “Belum diketahui, karena uraiannya saya belum dapat,” paparnya.

Ada pun anggaran tujuh pelabuhan laut internasional sebesar Rp70 triliun sementara untuk pembangunan tahap pertama. Pelabuhan laut internasional di Kabupaten Mempawah mencapai sebesar Rp2,5 triliun ditambah Rp200 triliun peruntukan pembangunan kilang minyak.

Dia berharap pembangunan pelabuhan laut interasional dan kilang minyak kelapa sawit ini, nantinya bisa meningkatkan pendapatan asli daerah melalui retribusi tambang, perkebunan kelapa sawit, dan lain lainnya yang sampai saat ini belum dirasakan sama sekali oleh masyarakat Kalbar.

Apalagi, kata dia, Kalbar sudah dipimpin oleh beberapa gubernur namun sampai sekarang, pembagunan tersebut belum juga terealisasi. Ada tarik menarik kepentingan baik antara gubernur maupun bupati terkait pelabuhan internasional tersebut.

“Mudah mudahan masyarakat Kalbar khususnya Mempawah dapat mendukung pembangunan tersebut. Saya lihat masyarakat sangat antusias mendukung pembangunan tersebut,” pungkasnya. (NAN)