SHARE
Warga Desa Kumpai dan Tebang Kacang Tagih Janji Bupati Kubu Raya
Warga dari Desa Kumpai dan Desa Tebang Kacang menagih janji Bupati Rusman Ali di Kantor DPRD Kabupaten Kubu Raya, Senin (29/10/2018). Foto: CRS/kalbarupdates.com

SUNGAI RAYA-Puluhan warga dari Desa Kumpai dan Desa Tebang Kacang mendatangi Kantor DPRD Kabupaten Kubu Raya, Senin (29/10/2018). Mereka ingin menagih janji Bupati Rusman Ali terkait pembangunan Jalan Poros Kumpai dan Tebang Kacang yang sampai saat ini belum terealisasi.

Ketua Aliansi Pemuda Desa Tebang Kacang Muhammad Ramli mengatakan janji tersebut pernah disuarakan Rusman Ali pada 8 Februari 2017. Saat itu, bupati berjanji akan menganggarkan dana sebesar Rp7 miliar untuk pembangunan jalan poros.

“Beliau menjanjikan akan menganggarkan dana Rp7 miliar untuk Desa Tebang Kacang. Sampai saat ini tidak ada buktinya. Padahal beliau menyampaikan di depan publik, langsung ke masyarakat,” jelasnya.

Jalan poros seharusnya masuk dalam skala prioritas pemerintah. Namun, hingga sekarang, pembangunan jalan belum lagi dilaksanakan. Melihat kondisi jalan yang rusak parah, warga bahkan harus menggunakan alokasi dana desa (ADD), yang seharusnya digunakan untuk membangun jalan lingkungan.

“Kondisi jalan saat ini hancur lebur. Kita saja beli pasir di Kumpai harganya Rp60 ribu, sampai ke lokasi harganya Rp170 ribu,” timpalnya.

Aksi ini mendapat pengawalan ketat dari anggota Polsek Sungai Raya, yang juga dibantu oleh beberapa personil TNI.

Kapolsek Sungai Raya Kompol Suanto mengatakan pengawalan dilakukan pihaknya untuk meminimalisir adanya tindakan yang tidak diinginkan. “Kami mengawal ketat warga yang menyampaikan aspirasi ini guna meminimalisir adanya tindakan anarkis,” jelasnya. (CRS)