SHARE
Sudah Ada Titik Terang, Kalbar Segera Bangun Jembatan Sambas Besar
Gubernur Kalimantan Barat Sutarmidji. (Suara.com/Eko Susanto)

Suara.com- Sempat dikabarkan ditunda hingga berhenti beberapa waktu lalu, pembangunan Jembatan Sambas Besar di Kalimantan Barat  (Kalbar) segera terwujud.

Gubernur Kalimantan Barat Sutarmidji menyebut pembangunan Jembatan Sambas Besar akan dimulai tahun 2021 ini.

Dia mengaku telah dihubungi oleh Presiden Jokowi terkait proyek tersebut. Jokowi, kata dia, berpesan agar pembanguan dilanjutkan di masa kepemimpinannya.

Adapun untuk anggaran proyek pembangunan Jembatan Sambas Besar tersebut mencapai Rp 700 miliar.

“Pembangunan Jembatan Sungai Sambas Besar tinggal menunggu hasil kajian tentang keselamatan jembatan. Sementara ini, jalan pendekatnya sudah dibangun oleh Pemerintah Kabupaten Sambas dan untuk jembatannya akan dikerjakan mulai tahun ini,” ujar Sutarmidji, seperti dikutip dari Antara, Senin (12/4/2021).

Kekinian, pembangunan jalan ke lokasi Jembatan Sungai Sambas Besar telah dikerjakan oleh Balai Pelaksana Jalan Nasional (BPJN).

Ada tiga segmen jalan yakni segmen Makrampai, segmen Tekarang, dan segmen Rambayan. Dari tiga segmen tersebut, total panjang jalan adalah kurang lebih lima kilometer.

Sutarmidji menyampaikan terima kasih kepada Kementerian PUPR atas sinergi pembangunan kawasan tersebut.

Tak hanya, proyek Jembatan Sambas Besar, Kalbar juga menargetkan pembangunan infrastruktur lainnya.

“Setelah (Jembatan Sambas Besar), Pemerintah Provinsi Kalbar akan memperjuangkan pembangunan Jembatan Kapuas III yang menghubungkan Kota Pontianak dan Kabupaten Kubu Raya,” pungkas Sutarmidji.

Sumber: Suara.com