SHARE
Pemkot Pontianak Siap Ambil Alih Proyek Khatulistiwa Park
Ilustrasi

PONTIANAK-Pengerjaan proyek Khatulistiwa Park di Tugu Khatulistiwa ditargetkan akan selesai pada akhir tahun 2018. Kawasan ini rencananya akan dibangun beberapa fasilitas seperti hotel, planetarium, pusat suvenir, dan berbagai fasilitas lainnya. Proyek yang dikerjakan PT Mitra Bangun Kota ini juga diwacanakan menjadi ikon wisata baru di Kota Pontianak.

Dibangun sejak 2015 silam, pengerjaan proyek yang memakan dana ratusan milyar rupiah ini belum menunjukkan perkembangan signifikan. PT Mitra Bangun Kota selaku pihak yang bertanggung jawab dinilai lamban dalam menyelesaikan proyek tersebut.

Hal ini pun mendapat perhatian Plt. Wali Kota Pontianak Edi Rusdi Kamtono. Edi menuturkan mangkraknya proyek tersebut disebabkan oleh ketidakmampuan investor.
“Kasus investornya sudah tidak mampu, maka kita tinggalkan,” terangnya.

Edi menambahkan kendala lainnya yang dihadapi pengembang proyek tersebut ialah tidak adanya kuasa dari TNI untuk pengelolaan tanah di kawasan tersebut. Sebagaimana diketahui, sebagian besar lahan di wilayah tersebut memang dimiliki oleh TNI AD. Pemkot, sebutnya sudah memediasi kedua belah pihak terkait pengelolaan lahan tersebut.

“Itu kan milik TNI. Jadi TNI belum memberikan surat untuk pengelolaan tanah tersebut. Sudah koordinasi. Bukan wewenang Kota Pontianak. Kita cuma memediasi,” jelasnya.

Pemerintah Kota Pontianak, sambungnya akan mengambil alih proyek tersebut. Sebab, mangkraknya proyek tidak boleh dibiarkan terus menerus. “Itu tetap kita ambil-alih. Karena tidak mungkin kita biarkan berlama-lama,” tutupnya. (NAJ)