SHARE
Pelatihan Debat ala Himapol Fisip Untan
Peserta Pelatihan Debat Himapol Fisip Untan berfose bersama usai pelatihan dihelat, Sabtu (7/4/2018). Foto: Dok Himapol Fisip Untan

PONTIANAK – Himpunan Mahasiswa Ilmu Politik (Himapol) Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Tanjungpura (Untan) Pontianak menggelar pelatihan debat sebagai bekal pembelajaran. Pelatihan ini sekaligus untuk menyemarakkan Pekan Politik di tingkat kampus.

Pekan Politik kali ini mengusung tema “Himapol sebagai Wadah Pengembangan Mahasiswa Ilmu Politik dengan Semangat Progresif dan Inovatif” dan menghadirkan tiga orang pemateri. Ketiga debater berpengalaman tersebut berasal dari Fakultas Hukum Universitas Tanjungpura yakni, Siti Aisyah, Desty Mifthary, dan Aria Nugraha. Mereka juga tergabung dalam Justitia Club Fakultas Hukum Untan.

Kegiatan ini dilaksanakan pada Sabtu (7/4/2018), di Ruang Kelas Gedung C1 Fisip, dan dihadiri 30 peserta, baik dari Program Studi Ilmu Politik dan prodi lainnya.

Setelah penyampaian beberapa materi dasar tentang debat dan teknik berdebat oleh para pemateri,  kegiatan dilanjutkan dengan diskusi kemudian simulasi debat.

Ketua Umum Himapol, Hengki Hayatullah mengatakan dirinya pernah mengikuti lomba debat politik nasional di UIN Syarif Hidayatullah Jakarta pada Juni 2017. “Saya juga kirim tim debat politik tingkat nasional, delegasi sekarang masih di Universitas Andalas Padang Sumatera Barat,” jelasnya.

Hengki berharap, dengan adanya pelatihan serta pengalaman dan motivasi yang diberikan oleh para pemateri ini bermanfaat bagi peserta. “Paling pentung mereka siap berkompetisi baik lomba debat maupun esai,” ucapnya. (R-1)