SHARE
LBH Pontianak Hadirkan Layanan Cuma-Cuma Kepada Masyarakat

PONTIANAK – Lembaga Bantuan Hukum (LBH) Pontianak secara resmi dibuka pada Rabu (3/7/2019) silam. LBH yang telah mengantongi izin dari Kementerian Hukum dan HAM berupa Surat Keputusan Nomor RI AHU-0005194 AH 01.07 Tahun 2019 ini beralamatkan di Jalan Sepakat 2, Blok N3, Kelurahan Bansir Darat, Kecamatan Pontianak Tengggara.

Tak seperti kebanyakan penyedia jasa bantuan hukum lainnya yang kerap menetapkan tarif kepada klien, LBH Pontianak malah memberikan bantuan hukum secara cuma-cuma atau gratis kepada masyarakat. Tak hanya terbatas hanya kepada masyarakat miskin, LBH Pontianak juga akan memberikan bantuan hukum kepada tiap-tiap masyarakat yang membutuhkan pendampingan hukum.

“Konsepnya bantuan hukum struktural, artinya tidak hanya masyarakat miskin yang berhadapan dengan hukum yang berhak untuk mendapat pendampingan secara cuma-cuma. Akan tetap, mereka yang mengalami ketimpangan ekonomi, sosial, politik dan HAM dari dampak kebijakan pemerintah berhak untuk didampingi,” ujar seorang pengacara publik Suparman yang juga sekaligus Ketua LBH Pontianak.

Suparman menerangkan bahwa terbentuknya LBH Pontianak berawal dari banyaknya ketimpangan serta ketidakmampuan masyarakat untuk menjangkau akses menuju keadilan. Hadirnya LBH Pontianak, kata dia, ialah dalam rangka memudahkan masyarakat yang hendak mengadu atas permasalahan hukum yang mereka hadapi. 

Sementara itu, Kepala Bidang Penanganan Perkara LBH Pontianak Adam Pamirta Rahman menyatakan bahwa lembaga yang digawanginya berkomitmen untuk terus mengawal kebijakan pemerintah yang dianggap tidak berpihak kepada masyarakat. Hal itu bertujuan agar produk-produk kebijakan yang dikeluarkan pemerintah selalu mengutamakan kepentingan masyarakat banyak.

“Secara formil kita telah mendapat legalitas dari Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia RI. Lembaga ini ke depan akan terus mengawal kebijakan-kebijakan pemerintah yang dinilai tidak memihak pada kepentingan masyarakat,” pungkasnya. 

Masyarakat yang memerlukan pendampingan hukum dari lembaga tersebut dikatakan Adam bisa langsung mendatangi kantor LBH Pontianak. Selain itu, guna semakin memudahkan pelayanan, masyarakat juga bisa mengadukan permasalahannya melalui telepon di nomor 0878-5141-3121 atau melalui surat elektronik di info.lbhpontianak@gmail.com(NAJ)