SHARE
TNI Gagalkan Penyeludupan Narkoba Lima Kilogram di Perbatasan
Anggota Satgas Pamtas Yonif 642/Kapuas saat memeriksa tersangka penyelundup narkoba sebanyak lima kilogram. Foto: Dok Pamtas Yonif 642/Kapuas

ENTIKONG – Satgas Pamtas Yonif 642/Kapuas kembali menggagalkan penyelundupan narkotika jenis sabu-sabu kristal golongan 1 di wilayah perbatasan RI-Malaysia sektor kiri Pos Lintas Batas Negara PLBN Entikong, Kabupaten Sanggau, Minggu, (4/10/2020).

Upaya penggagalan tindak pidana tersebut bermula dari ulah seorang pelintas batas yang mencurigakan. WNI yang diduga menjadi Pekerja Migran Indonesia (PMI) ilegal di Malaysia ini melintasi Jalan Inspeksi Patroli Perbatasan (JIPP) sektor kiri PLBN Entikong. Pelaku berinisial BA (38), warga Desa Parit Baru No. 2, Kecamatan Sungai Raya, Kabupaten Kubu Raya.

Komandan Satuan Tugas (Dansatgas) Pamtas Yonif 642/Kapuas Letkol Inf Alim Mustofa mengatakan dalam pemeriksaan tersebut, anggota Satgas mengamankan narkoba jenis sabu yang memiliki berat 5,305 Kg dibungkus menggunakan plastik besar.

“Sebanyak 104,95 gram lagi dibungkus dalam kemasan paket kecil amplop surat, serta sisa sabu bekas pakai dengan berat 0,69 gram yang ditemukan dalam tas ransel berwarna hitam milik tersangka,” katanya, Senin (5/10/2020).

Alim Mustofa menambahkan, pengakuan pelaku berinisial (BA), narkotika jenis sabu tersebut rencananya akan dibawa ke Pontianak. “Barang tersebut rencananya akan dibawa menuju Pontianak menggunakan travel dan akan menemui seseorang di Pontianak. Hal ini masih kita dalami,” tambahnya.

Selanjutnya tersangka dan Barang Bukti diserahkan kepada pihak BNN dan Polres Sanggau untuk dilakukan proses hukum lebih lanjut. (*/R-1)