SHARE
Resmikan Tol Langit Palapa Ring, Jokowi Agar Bisa Saling Mengenal
Presiden Joko Widodo (Jokowi) meresmikan Palapa Ring di Istana Negara, Jakarta, Senin (14/10/2019). (Suara.com/Ummi Saleh)

Suara.com – Presiden Joko Widodo (Jokowi) meresmikan Palapa Ring di Istana Negara, Jakarta, Senin (14/10/2019). Jokowi menyebut Palapa Ring yang dijuluki tol langit terbagi dalam tiga paket.

Adapun Palapa Ring menjangkau ratusan kabupaten/kota di 34 provinsi di Indonesia.

“Untuk Indonesia bagian barat Palapa Ring sudah selesai tahun lalu, Indonesia tengah di awal tahun ini, terakhir di bagian timur Agustus lalu sudah selesai,” ujar Jokowi di Istana Negara.

Jokowi berharap Palapa Ring ini bisa bermanfaat bagi masyarakat di sektor ekonomi, sosial, budaya, hingga politik dari Sabang sampai Merauke.

“(Palapa Ring) agar bisa saling mengenal. Penguatan persatuan kita memperbaiki pendidikan, dan menembus seuruh pelosok Indonesia, memperkuat perdagangan UMKM ke pasar nasional bahkan internasional,” kata Jokowi.

Kepala negara kemudian meminta perkembangan teknologi digital tidak disalahgunakan untuk ujaran kebencian, hoaks, dan fitnah.

“Agar bisa kompetitif, perkembangan teknologi digital tidak boleh disalahgunakan, ujaran kebencian tidak boleh dipakai untuk ini, untuk fitnah Ndak, hoax ndak, fake news Ndak,” kata dia.

“Saling mencela di medsos harus dihentikan, termasuk mencegah kejahatan cyber agar tidak semakin berkembang di negara kita,” Jokowi menambahkan.

Mantan Gubernur DKI Jakarta ini juga mengimbau aparat pemerintah untuk memanfaatkan tol operasi, tol langit untuk melayani sehingga bisa efisien.

“Bagi seluruh rakyat Indonesia gunakan efektivitas ini dengan baik, gunakan untuk kebaikan kita bersama, kerukunan dan sebagai bangsa untuk kemajuan Indonesia,” tutur dia.

Presiden Joko Widodo (Jokowi) meresmikan Palapa Ring di Istana Negara, Jakarta, Senin (14/10/2019). (Suara.com/Ummi Saleh)
Presiden Joko Widodo (Jokowi) meresmikan Palapa Ring di Istana Negara, Jakarta, Senin (14/10/2019). (Suara.com/Ummi Saleh)

 

Peresmian Palapa Ring ditandai dengan penandatangan prasasti digital.

“Dengan mengucapkan Bismillahirrrahmanirahim, saya resmikan pengoperasian palapa ring yang menghubungkan 514 kabupaten dan kota di seluruh Indonesia,” ucap Jokowi.

Usai meresmikan, Jokowi mencoba melakukan video conference dengan beberapa kepala daerah diantaranya, Wakil Gubernur Papua Barat, Wakil Walikota Sorong, dan Wakil Gubernur NTT serta Bupati Penajem Paser Utara.

Palapa Ring sendiri yang terbagi ke dalam tiga paket, yakni Palapa Ring Barat, Palapa Ring Tengah, dan Palapa Ring Timur.

Dalam acara tersebut hadir pula Ketua DPR Puan Maharani, Ketua DPD La Nyala Mattalitti, Menteri Komunikasi dan Informatika Rudiantara, dan Menteri Perekonomian Darmin Nasution.

Sumber:  Suara.com