SHARE
Pemerintah Siapkan Rp 100 Miliar Bangun Gedung dan Fasum Rusak di Papua
Menteri Koordinator Bidang Politik Hukum dan Keamanan (Menkopolhukam) Wiranto. (Suara.com/M. Yasir)

Suara.com – Presiden Joko Widodo (Jokowi) sudah menginstruksikan kementerian terkait untuk membangun kembali objek-objek vital yang mengalami kerusakan pasca kerusuhan di Papua dan Papua Barat. Pemerintah sudah mengalokasikan dana sebesar Rp 100 miliar untuk kembali membangun objek vital dan fasilitas umum di Bumi Cendrawasih.

Hal itu disampaikan Menteri Koordinator Bidang Politik Hukum dan Keamanan (Menkopolhukam) Wiranto saat jumpa pers di Gedung Kemenkopolhukam, Jakarta Pusat, Senin (9/9/2019).

“Sudah ada instruksi presiden segera dilakukan pembangunan kembali agar segera bisa berfungsi objek-objek penting serta fasilitas umum itu. Tadi dalam rapat paling tidak sudah tersedia dana Rp 100 miliar untuk membangun itu kembali,” kata Wiranto.

Wiranto menuturkan, pemerintah juga sudah menginventarisasi kerusakan bangunan milik perseorangan di Papua dan Papua Barat. Pemerintah, kata Wiranto, tengah memikirkan pemberian bantuan untuk perorangan yang menajdi korban kerusakan pasca aksi tolak rasisme yang berujung kerusuhan di Papua dan Papua Barat.

“Sedang dipikirkan untuk mendapatkan bantuan-bantuan untuk mereka bisa membangun kembali. Apakah tokonya, apakah kiosnya, rumah-rumah mereka yang kemarin kena perusakan ya dari aksi-aksi yang anarkis,” ujarnya.

Bersamaan dengan itu, Wiranto pun mengkalim bahwa situasi dan kondisi di Papua dan Papua Barat kekinian telah berangsur kondusif. Aktivis sosial masyarakat Papua dan Papua Barat pun disebutnya telah berjalan normal.

“Per 9 September laporan yang kita terima seluruh kondisi di Provinsi Papua dan Papua Barat aman kondusif ya. Aktivitas sosial masyarakat berjalan normal,” tandasnya.

Sumber: Suara.com