SHARE
Pemerintah Dorong Semua Operator Telekomunikasi Uji Jaringan 5G
Menteri Komunikasi dan Informatika, Rudiantara sedang menguji teknologi jaringan 5G XL di Lampung, Rabu (21/8/2019). [Antara]

Suara.com – Pemerintah mendorong seluruh operator telekomunikasi melakukan uji coba jaringan 5G mengingat teknologi tersebut akan mendukung perekonomian nasional dan menjadi peluang bisnis yang menjanjikan bagi perusahaan.

“Kalau ditanya ke pemerintah sudah sejauh mana kesiapan 5G, maka sebaiknya yang harus ditanya adalah ke operator telekomunikasi, sudah seberapa jauh kesiapannya, mengingat operator yang paling berkepentingan,” kata Menteri Komunikasi dan Informatika Rudiantara saat acara fiberisasi untuk kesiapan 5G serta peningkatan kualitas kerja generasi muda di Gedung XL Axiata Jakarta, Rabu (21/8/2019).

Dikatakan, sejumlah negara seperti Korea Selatan dan Jepang saat ini juga terus mengembangkan dan menyiapkan 5G sebagai teknologi termutakhir telekomunikasi dalam upaya mendukung pertumbuhan ekonomi.

Jepang misalnya, katanya, saat ini terus mengembangkan teknologi 5G untuk mendukung penyelenggaraan Olimpiade 2020.

Mengingat teknologi 5G saat ini sudah menjadi kebutuhan dunia, Rudiantara mengatakan bahwa semua operator telekomunikasi di Indonesia harus aktif dan terus melakukan uji coba jaringan 5G dengan basis antarbisnis (B to B).

Direktur Teknologi XL Axiata Yessie D Yosetya mengatakan, pihaknya terus bersiap diri mengadopsi teknologi 5G yang merupakan teknologi jaringan yang tercanggih saat ini dan persiapannya sangat serius di semua aspek, terutama jaringan data yang memadai.

Menurut Yessie, uji coba 5G kali pertama telah dilakukan April 2017 yang merupakan uji coba 5G di luar ruangan pertama di Indonesia dengan menampilkan demo pemanfaatan virtual reality (VR) dan uji kecepatan, kemudian disusul uji coba 5G yang kedua pada Agustus 2018 di Kawasan Kota Tua, Jakarta Barat. [Antara]

Sumber: Suara.com