SHARE
Kulon Progo Digunjang Gempa 4,2 SR, Warga Sekitar Tak Ada yang Terasa
Ilustrasi gempa bumi. [Antara]

SuaraJogja.id –¬†Gempa¬†berkekuatan 4,2 SR melanda Kulonprogo pada pukul 10:40:52 WIB. Kendati demikian, sebagian besar masyarakat Kabupaten Kulonprogo mengakui tidak merasakan guncangan akibat gempa bumi tersebut.

Seperti yang diungkapkan oleh Purwanto, seorang anggota Polisi yang aktif di Mapolres Kulonprogo. Ia mengaku sama sekali merasakan guncangan gempa, bahkan ia tidak menyadari jika di Kulonprogo terjadi gempa dengan pusat cukup dekat dan dangkal tersebut.

“Kok tidak terasa ya,”ujarnya, Senin (20/1/2020).

Bahkan teman-temannya di Kantor Mapolres Kulonprogo pun tak ada yang membicarakan adanya gempa tersebut. Jika memang terasa, sudah pasti ia bersama teman-temannya langsung membicarakan hal tersebut.

“Kok teman-teman di kantor ndak ada yang ngomongin gempa ya,” tambahnya.

Hal yang sama juga diungkapkan oleh Fani (29) warga Kota Wates. Wanita yang tinggal di depan Masjid Agung Kulonprogo ini juga sama sekali tidak mengetahui jika Kulonprogo dilanda gempa, apalagi gempa dangkal.

“Kok enggak terasa,” tuturnya.

Sementara Hari Susmono, salah seorang pekerja di Proyek Bandara Yogyakarta International Airport (YIA) juga tidak merasakan adanya guncangan gempa. Lokasi pekerjaannya yang berada dekat di laut Selatan dan juga di wilayah Barat Daya Kulonprogo tak menyadari adanya gempa bumi.

“Ndak tahu kalau ada gempa. Emang ada gempa?” tanyanya.

Sebelumnya, dalam laporan yang dirilis oleh Badan Metereologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) lewat Twitter menulis ‘Info Gempa Mag:4.2 SR, 20-Jan-20 10:40:52 WIB, Lok:9.36 LS,109.48 BT (187 km BaratDaya KULONPROGO-DIY), Kedlmn:10 Km ::BMKG-PGR VII.

Sumber: Suara.com