SHARE
Jokowi Instruksikan Segera Eksekusi Paket Bantuan Pemerintah Saat Corona
Presiden Jokowi ketika menggelar Ratas Laporan Gugus Tugas Covid-19, 30 Maret 2020. (YouTube/Sekretariat Presiden)

Suara.com – Presiden Joko Widodo (Jokowi) memerintahkan jajarannya untuk mengeksekusi paket perlindungan dan jaminan sosial kepada masyarakat lapisan bawah.

Hal ini dikatakan Jokowi dalam Rapat Terbatas tentang Persiapan Menghadapi Ramadan dan Idul Fitri 1441 H/2020 melalui Video Conference di Istana Bogor, Kamis (2/4/2020).

“Berkaitan dengan paket perlindungan sosial dan jaminan sosial bagi masyarakat yang berada di lapisan bawah, tadi sudah saya perintahkan segera di eksekusi,” ujar Jokowi.

Paket perlindungan sosial dan jaminan sosial yang dimaksud Jokowi yakni meningkatkan jumlah penerima dan menaikkan besaran manfaat Program Keluarga Harapan (PKH), menaikkan jumlah penerima dan besaran manfaat peserta sembako.

Kemudian menaikkan jumlah dan besaran manfaat peserta kartu prakerja, kemudian menggratiskan tagihan listrik 450 VA dan memberikan diskon 50 persen kepada pengguna listrik 900 VA selama tiga bulan yakni April hingga Juni 2020.

“Langsung dibagikan ke lapangan, baik itu yang berkaitan dengan PKH (Program Keluarga Harapan), sembako, kartu prakerja yang berkaitan dengan pembebasan biaya listrik 450 VA dan 50 persen untuk 900 VA. Kalau ini segera dilapangan bisa tereksekusi ini akan baik untuk masyarakat kita,” ucap Jokowi.

Di sisi lain, Jokowi juga meminta adanya pelibatan tokoh-tokoh agama dan tokoh masyarakat untuk mengedukasi masyarakat dalam menyosialisasikan kedispilinan sosial distancing atau jaga jarak.

“Pelibatan tokoh-tokoh agama, tokoh ormas untuk memberikan pendidikan, mengedukasi masyarakat dalam mensosialisasikan disiplin penerapan jaga jarak aman, betul-betul bisa dikerjakan,” katanya.

Selain itu mantan Gubernur DKI Jakarta itu mengingatkan masyarakat pentingnya cuci tangan, mengurangi mobilitas ke luar rumah hingga kedisiplinan memakai masker.

“Juga penerapan PSBB (Pembatasan Sosial Berskala Besar) ini perlu disampaikan terus dalam rangka menjalankan protokol kesehatan secara ketat, baik dirumah maupun di luar rumah secara disiplin,” imbuh Jokowi.

Sumber: Suara.com