SHARE
Bendera Setengah Tiang untuk BJ Habibie
Mantan Presiden BJ Habibie menghadiri pembukaan Sidang Tahunan MPR Tahun 2017 di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Rabu (16/8/2017). [Antara/Akbar Nugroho Gumay]

Suara.com – Pemerintah mengeluarkan instruksi pengibaran setengah tiang dan hari berkabung selama tiga hari. Hal ini sebagai penghormatan atas meninggalnya Presiden ketiga RI, BJ Habibie.

Instruksi itu diberikan kepada para pimpinan lembaga, menteri, jaksa agung, panglima TNI, Kapolri, para pimpinan BUMN, termasuk para duta besar di berbagai negara.

Instruksi itu berdasarkan surat dari Menteri Sekretaris Negara dengan nomor B-1010/M.Sesneg/Set/TU.00/09/2019 yang ditandatangani Mensesneg Pratikno.

Sebelumnya, instruksi yang sama juga disampaikan oleh Menteri Luar Negeri Retno Marsudi saat melayat jenazah Habibie di rumah duka di Jalan Patra Kuningan XIII, Jakarta Selatan, Rabu (11/9/2019) malam.

“Untuk perwakilan kita di luar negeri kitabakan mengibarkan bendera setengah tiang, dan kita akan membuka buku duka cita untuk tiga hari kerja,” kata Retno.

Bagi Retno, sosok BJ Habibie adalah sosok negarawan yang selalu menyebarkan energi positif bagi orang disekitarnya.

“Bagi saya beliau seorang negarawan bapak bangsa yang snagat cerdas. Sekaligus menebarkan energi positif dan sagat optomisitk. Kalau bicara dengan beliau semangat kita jadi naik karena gaya bicara beliau sangat khas dam beliau jadi inspirasi bagi kita semua, termasuk anak muda indonesia,” ucapnya.

 
Mendiang BJ Habibie (instagram @b.jhabibie)
Mendiang BJ Habibie (instagram @b.jhabibie)

 

Dikabarkan sebelumnya, Habibie meninggal dunia di ruang CICU, Paviliun Kartika RSPAD Jakarta Pusat. Menurut Putera Kedua Habibie, Thareq Kemal Habibie, ayahnya meninggal pukul 18.05 WIB.

Thareq menyebut faktor lainnya adalah karena jantung yang sudah melemah. Ia mengapresiasi dokter yang sudah berusaha semampunya untuk menyembuhkan Habibie.

“Jantungnya sudah berhenti beraktifitas, seperti yang saya bilang, karena umur dan aktifitas yang banyak,” kata Thareq.

Sementara di tingkat masyarakat, banyak warga yang merasa kehilangan akan sosok salah satu putra terbaik bangsa BJ Habibie. Kabar pengibaran bendera setengah tiang menyebar cepat pada Rabu malam hingga Kamis (12/9/2019) dini hari.

“Kepada seluruh warga perumahan agar mengibarkan bendera merah putih setengah tiang besok, selama tiga hari, sebagai penghormatan dan tanda duka atas meninggalnya putra terbaik bangsa Prof. Dr. Ing. BJ Habibie, semoga Allah mengampuni dan merahmati beliau, Aamiin,” tulis pemberitahuan dari salah seorang ketua RT di Desa Tambun, Kecamatan Tambun Selatan, Kabupaten Bekasi, Rabu malam.

Sumber: Suara.com