SHARE
Tari Harmoni dan Joget Pesona Kubu Raya Bakal Diterapkan di Sekolah
Bupati Kubu Raya (berbaju biru) ikut menari Harmoni. Foto: NAJ/kalbarupdates.com

SUNGAI RAYA– Tari Harmoni dan Joget Pesona Kubu Raya akan dikenalkan ke seluruh masyarakat di antero Kubu Raya. Guna semakin mengenalkan tari tradisional khas Kubu Raya tersebut, kedua tarian itu rencananya akan diterapkan di setiap sekolah di Kubu Raya.

Penerapan Tari Harmoni dan Joget Pesona Kubu Raya juga akan didukung dengan regulasi berupa Peraturan Bupati (Perbup) yang saat ini tengah diproses. Hal itu dilakukan agar setiap sekolah di Kubu Raya bisa segera menerapkannya pada tahun ajaran 2019/2020 mendatang. 

Bupati Kubu Raya Muda Mahendrawan menjelaskan bahwa wujud implementasi penerapan Tari Harmoni dan Joget Pesona ini dapat diinovasikan dalam berbagai bentuk. Sebagai contoh, kata Muda, ialah gerakan senam. 

“Joget pesona dan tari harmoni ini kita jadikan program yang kita terapkan di semua sekolah nanti. Seperti senam anak-anaklah. Setiap bulan misalnya ada senam bersama atau joget bersama di lapangan bersama guru-gurunya. Jadi kita akan bikin ini secara masif dan membumi di seluruh penjuru Kubu Raya,” ucapnya saat ditemui di Halaman Kantor Bupati Kubu Raya, Kamis (11/7/2019). 

Muda menerangkan bahwa tujuan penerapan kedua tarian ini ke sekolah-sekolah ialah dalam rangka menanamkan kecintaan anak-anak Kubu Raya terhadap kebudayaan. Di samping itu, tujuan lain yang ingin dicapai ialah supaya generasi muda dapat mencintai daerahnya sejak usia belia. 

“Ini kita lakukan supaya sejak dini anak-anak kita cinta terhadap budaya, kemudian menghargai macam-macam etnis. Kemudian mereka mencintai Kubu Raya. Ini yang akan kita tanamkan,” pungkasnya. (NAJ)