SHARE
Ketua BEM Universitas Tanjungpura Kaharudin membagikan masker kepada salah satu masyarakat Desa Kuala Dua. Foto: NAJ/kalbarupdates.com

SUNGAI RAYA– Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) Universitas Tanjungpura Pontianak menggelar aksi sosial dengan membagikan masker kepada masyarakat di Desa Kuala Dua, Kecamatan Sungai Raya, Senin (19/8/2019). Bekerja sama dengan komunitas TSECP (The Small English Community Pontianak), mereka membagikan seribu helai masker kepada para pengendara, pejalan kaki, dan masyarakat umum. 

Aksi sosial yang mereka namakan Gerakan Untan Membantu ini bertujuan meminimalisasi dampak kabut asap akibat kebakaran lahan yang terjadi di wilayah Kabupaten Kubu Raya, khususnya di sekitaran Desa Kuala Dua. Gerakan yang mendapat dukungan dari pemerintah desa setempat itu pun disambut antusias oleh masyarakat. 

Ditemui saat membagi-bagikan masker, pengarah komunitas TSECP Eka Herawati mengungkapkan keprihatinannya terhadap bencana kabut asap yang melanda wilayah Kubu Raya. Terhadap kondisi itu, dirinya juga mengimbau masyarakat untuk mengurangi aktivitas di luar rumah.

“Kami imbau masyarakat supaya mengurangi aktivitas di luar rumah. Kalau terpaksa ke luar, masyarakat kami minta untuk menggunakan masker dikarenakan kondisi udara yang tidak sehat. Mengingat masyarakat di sekitar Kuala Dua ini lebih dekat dengan lahan-lahan yang terbakar, sehingga lebih dulu merasakan dampak dari kebakaran lahan,” ujarnya di Desa Kuala Dua, Kecamatan Sungai Raya, Senin (19/8/2019). 

Di tempat yang sama, Ketua BEM Universitas Tanjungpura Kaharudin menyayangkan masih terjadinya peristiwa kebakaran hutan dan lahan di wilayah Kalimantan Barat. Padahal menurut dia, hal itu bisa diantisipasi dengan berbagai cara, salah satunya dengan memberlakukan sanksi tegas kepada pelaku pembakaran. 

“Untuk masalah kabut asap yang melanda Kalbar saat ini bisa segera diatasi dengan menindak tegas pelaku pembakaran hutan dan lahan yang melanda Kalbar. Kami BEM Untan dan seluruh mahasiswa Untan sangat terbuka jika ingin bekerja sama selagi itu baik untuk sesama,” tegasnya.(NAJ)