SHARE
Puting Beliung Sapu Ratusan Unit Bangunan
Bangunan posyandu tampak mengalami kerusakan akibat tersapu puting beliung. Foto: NAJ/kalbarupdates.com

SUNGAI AMBAWANG– Hujan deras disertai angin puting beliung yang melanda wilayah Desa Ampera Raya, Kecamatan Sungai Ambawang pada Selasa (13/8/2019) sore mengakibatkan rusaknya ratusan unit bangunan. Tercatat sedikitnya 90 unit bangunan mengalami rusak ringan dan hampir 80-an bangunan mengalami kerusakan berat akibat tersapu angin putar.

Tak cuma rumah penduduk, bangunan lain yang merupakan fasilitas umum seperti posyandu dan tempat ibadah juga rusak. Bahkan, bangunan Kantor Desa Ampera Raya ikut mengalami kerusakan ringan. 

Salah satu warga setempat Ngatiman menuturkan bahwa rumah-rumah penduduk yang paling banyak mengalami kerusakan berada di Kompleks Perumnas IV dan Kompleks Mega Mas. Kepada awak media, dia menceritakan awal mula terjadinya peristiwa tersebut.

“Awalnya hujan deras, tak lama berselang langsunglah angin puting beliung itu datang. Waktu kejadian itu, habis semua atap-atap warga beterbangan. Sempat juga terjadi ledakan karena seng rumah warga itu kena kabel listrik,” ujarnya saat ditemui di Kompleks Perumnas IV, Desa Ampera Raya, Kecamatan Sungai Ambawang, Rabu (14/8/2019). 

Akibat peristiwa ini, aliran listrik di sebagian wilayah Desa Ampera Raya masih belum menyala sejak tadi malam. Menurut keterangan Ngatiman, sampai saat ini belum didapati adanya warga yang menjadi korban.

Berdasarkan pantauan redaksi, kejadian ini tidak sampai mengakibatkan warga setempat mengungsi. Masyarakat sekitar terpantau masih bertahan di kediamannya masing-masing sembari melakukan perbaikan pada bagian yang mengalami kerusakan. 

“Alhamdulillah belum ada yang ngungsi. Sekarang mereka masih menempati rumah masing-masing,” pungkasnya. (NAJ)