SHARE
PTGMI Diminta Ikut Sukseskan Program UKGS

SUNGAI RAYA – Pelaksana Tugas Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Kubu Raya Marijan menyambut positif pembentukan Dewan Pimpinan Cabang (DPC) Persatuan Terapis Gigi dan Mulut Indonesia (PTGMI) Kubu Raya. Hal itu diungkapkan Marijan saat membuka Musyawarah Cabang DPC PTGMI Kubu Raya, Sabtu (20/7/2019).

“Sangat mengapresiasi dengan hadirnya PTGMI Kubu Raya karena telah memberikan warna tersendiri bagi organisasi profesi di Kubu Raya,” ujarnya di Hotel Gardenia Kubu Raya, Jalan Arteri Supadio Sungai Raya. 

Hadirnya organisasi yang dulunya bernama PPGI (Persatuan Perawat Gigi Indonesia) ini diharapkan Marijan dapat ikut membantu mengentaskan persoalan kesehatan gigi dan mulut di Kubu Raya. Secara khusus, Ia juga meminta tenaga profesional di PTGMI untuk ikut menyukseskan salah satu program Dinas Kesehetan Kubu Raya, yakni Usaha Kesehatan Gigi Sekolah (UKGS).

“Kita ada program UKGS (Usaha Kesehatan Gigi Sekolah). Sekarang harus di screening dari kelas 1 SD sampai kelas 7 memang anak harus di screening, terutama gigi dan mulut. Mudah-mudahan mereka (PTGMI) bisa ikut membantu. Mereka kita harapkan ikut ke sekolah karena program ini memang harus ditangani oleh profesional. Tidak bisa perawat umum atau bidan,” tuturnya. 

Menyikapi permintaan Marijan, Ketua DPD PTGMI Kalbar Abdus Syahid menyatakan kesiapannya untuk ikut menyukseskan program UKGS. Lebih dari itu, Ia juga bakal menginstruksikan para terapis gigi dan mulut untuk terjun ke sekolah-sekolah guna mendukung program tersebut. 

“Selaku Ketua DPD PTGMI Kalbar, apa yang diminta Plt. Kepala Diskes tadi akan kita sampaikan ke PTGMI Kubu Raya. Tentunya, apa yang disampaikan oleh Pak Marijan pasti akan kita tindak lanjuti karena memang belum kedengaran tenaga-tenaga perawat gigi ini menjalankan program UKGS di sekolah-sekolah. Ke depan akan kita instruksikan untuk ikut menyukseskannya,” pungkasnya. (NAJ)