SHARE
Polresta Pontianak Masih Dalami Dugaan Suap Oknum PPK dan Panwascam
Ilustrasi

SUNGAI RAYA– Kepolisian Resor Kota (Polresta) Pontianak masih melakukan pendalaman kasus dugaan penyuapan terhadap oknum PPK dan Panwascam di Kecamatan Sungai Raya, Kabupaten Kubu Raya. Saat ini, proses pendalaman itu memasuki tahap pemeriksaan terhadap empat orang saksi. 

“Sementara saat ini kita sedang melakukan pemeriksaan terhadap saksi-saksi. Hasil penerimaan kemarin dari Sentra Gakumdu yang diserahkan kepada kita. Sementara ada empat saksi,” ujar Kapolresta Pontianak Kombes Pol Muhammad Anwar Nasir di Sungai Raya, Senin (13/5/2019). 

Anwar menuturkan bahwa pihaknya sudah menahan sejumlah barang bukti dari tangan terduga. Beberapa barang bukti tersebut antara lain uang tunai senilai Rp100 juta dan 3 unit telepon genggam. 

“Beberapa barang bukti juga ada yang sudah diserahkan ke kita. Itu ada uang tunai Rp100 juta dan handphone 3 unit,” tuturnya. 

Terhadap ketiga terduga pelaku (satu penyuap dan dua penerima suap), sambung Anwar, bakal dijerat dengan pasal Gratifikasi yang diatur dalam Undang-Undang Tindak Pidana Korupsi. Saat ditanya kemungkinan adanya keterlibatan pihak lain dalam kasus ini, Anwar mengaku tidak mau berspekulasi sebelum adanya hasil pemeriksaan terhadap keempat saksi. 

“Sebagaimana UU Tindak Pidana Korupsi, untuk yang ini termasuk gratifikasi tentunya terhadap ketiganya, baik penyuap maupun penerima suap akan kita kenakan UU Tipikor pasal Gratifikasi. Tentunya nanti kita dalami bagaimana peran mereka masing-masing. Keterlibatan pihak lain, nanti hasil pemeriksaan saksi dulu. Kita tidak mau berspekulasi sebelum adanya hasil pemeriksaan saksi,” tandasnya. (NAJ)