SHARE
Polres Kubu Raya Resmi Beroperasi
Kapolda Kalbar menandatangani prasasti peresmian Polres Kubu Raya. Foto: NAJ/kalbarupdates.com

SUNGAI RAYA – Kepolisian Resor (Polres) Kubu Raya resmi beroperasi, Selasa (19/11/2019). Polres yang dibentuk atas Surat Keputusan Kapolri Nomor 1852/X/2019 tentang Pembentukan Polres Kubu Raya itu secara resmi beroperasi dengan ditandai penandatanganan prasasti dan pemotongan pita oleh Kapolda Kalbar Irjen Pol Didi Haryono.

Polres termuda di jajaran Polda Kalimantan Barat ini membawahi sepuluh kepolisian sektor (Polsek) antara lain Sungai Raya, Rasau Jaya, Sungai Kakap, Sungai Ambawang, Kuala Mandor B, Teluk Pakedai, Terentang, Kubu, Batu Ampar dan Kawasan Bandara Supadio. Untuk sementara waktu, Polres akan bermarkas di Gedung Kwarda Pramuka Kalimantan Barat yang berlokasi tepat di samping Kantor Bupati Kubu Raya, Jalan Arteri Supadio Sungai Raya.

Kapolda Kalbar Irjen Pol Didi Haryono mengatakan keberadaan Polres Kubu Raya ini merupakan salah satu pengejawantahan program prioritas Presiden Joko Widodo dalam hal penyederhaan birokrasi. Dirinya juga berharap, 425 orang personel di jajaran Polres Kubu Raya ini bisa mendukung program-program kepala daerah.

“Peresmian ini, Polres Kubu Raya membawahi 10 Polsek. Tentunya ini untuk sejalan dengan program Bapak Presiden yang disikapi yaitu memotong birokrasi yang berbelit. Nah, sekarang sudah kita pisahkan ini dua wilayah ini, Kabupaten Mempawah dan Kota Pontianak sehingga Kubu Raya ini berdiri sendiri untuk melayani masyarakat sesuai tupoksi Polri, yaitu memelihara harkamtibmas, kemudian memberikan perlindungan, pengayoman dan pelayanan serta penegakan hukum. Sehingga, apa yang menjadi program Pak Bupati, program Pak Gubernur yang di wilayah Kubu Raya ini tentunya harus dijaga, dikawal, diiringi jangan sampai terganggu,” katanya usai peresmian.

Disinggung mengenai rencana pembangunan Mapolres permanen, Didi mengatakan proses pembangunannya akan dimulai pada tahun 2020 mendatang dan berlokasi di Desa Kuala Dua, Kecamatan Sungai Raya. Ia menargetkan di tahun 2021 nanti gedung Mapolres sudah bisa difungsikan.

“Kemarin sudah kita rapatkan dengan Pak Gubernur dan Pak Bupati. Target kita 2020 ini jalan. Insyaallah 2021 kita bisa jalan. Itu di Kuala Dua,” tuturnya.

Pelaksana Harian (Plh.) Kapolres Kubu Raya AKBP Yani Permana mengatakan keberadaan polres baru ini dapat semakin memudahkan masyarakat yang berurusan dengan kepolisian. Dengan keberadaan Polres, masyarakat kini hanya perlu melapor ke Polres Kubu Raya, setelah sebelumnya terbagi ke dua Polres, yaitu Polres Mempawah dan Polresta Pontianak.

“Kami akan mendukung proses kegiatan yang sudah dicanangkan oleh Bapak Presiden melalui pemerintah dan itu breakdown-nya dilakukan oleh Pak Kapolda lewat Berkibar-nya. Kami akan melakukan penataan di lingkungan kerja kami,” jelas Yani.

“Secara bertahap melakukan sinergi dengan seluruh stakeholder yang ada. Silakan masyarakat Kubu Raya yang dulunya di empat kecamatan mengikut di Polres Mempawah, bisa melaporkan ke Polres Kubu Raya. Dan, enam polsek yang ada di daratan sini juga dulunya du bawah naungan Polresta Pontianak, sekarang di bawah Kubu Raya,” sambungnya.

Sementara itu, Bupati Kubu Raya Muda Mahendrawan menyambut baik keberadaan Polres Kubu Raya. Ia berharap, para personel di jajaran Polres Kubu Raya dapat mengawal proses percepatan pembangunan yang tengah diprogramkan pemerintah serta dapat meningkatkan kesadaran hukum masyarakat Kubu Raya.

“Keberadaan Polres ini akan menjadi satu indikator dan juga bagian dari upaya untuk kamtibmas dan percepatan kondisi-kondisi yang jauh lebih maksimal kita mengawal proses pembangunan yang efektif dan cepat. Hadirnya Polres juga untuk menggerakkan masyarakat kesadaran hukum yang lebih baik,” pungkasnya.

Turut hadir pada upacara peresmian Sekda Kalbar A.L. Leysandri, Anggota DPD RI Sukiryanto, Bupati Kubu Raya Muda Mahendrawan, Wakil Bupati Kubu Raya Sujiwo, Wakil Bupati Mempawah Muhammad Pagi, pimpinan DPRD Kubu Raya dan sejumlah undangan lainnya. (NAJ)