SHARE
Polres Kubu Raya Bakal Tindak Tegas Penimbun Masker
Ilustrasi: Merdeka.com

SUNGAI RAYA – Kepolisian Resor (Polres) Kubu Raya bakal mengambil tindakan tegas terhadap oknum yang memanfaatkan isu virus corona dengan melakukan penimbunan masker. Peringatan tersebut diutarakan langsung oleh Kapolres Kubu Raya AKBP Yani Permana, menyusul adanya penimbunan masker di sejumlah wilayah di Indonesia.

Kapolres menyatakan bahwa saat ini memang belum ada indikasi penimbunan masker di wilayah hukum Polres Kubu Raya. Sebab dari penelusuran yang dilakukan jajaran anggotanya, kelangkaan yang terjadi ini bukan disebabkan oleh adanya penimbunan, melainkan tersendatnya pengiriman oleh distributor masker.

“Untuk di Kubu Raya, begitu kita mendapat infomasi itu, kita langsung turun mengecek di lapangan dengan menyisir toko-toko swalayan dan apotek-apotek yang biasa menjual masker. Dari beberapa toko dan apotek yang kita cek, memang ada penurunan jumlah masker di Kubu Raya karena distributor memang belum mengirim. Untuk sementara, kita belum menemukan indikasi penimbunan dan ini terus kita pantau. Jika ada hal seperti itu (penimbunan), ya pasti kita akan lakukan tindakan,” ujar Yani di Mapolres Kubu Raya, Senin (9/3/2020).

Yani mengungkapkan, saat ini jajarannya masih terus memantau kondisi kelangkaan masker. Adapun berkaitan dengan langkah antisipasi masuknya virus corona melalui Bandara Internasional Supadio, Kapolres menyatakan bahwa pihaknya sudah meminta pihak terkait untuk memperketat pemeriksaan terhadap penumpang yang datang, terutama yang berasal dari luar negeri.

“Karena di sini ada bandara, maka kami selalu koordinasi dengan kantor kesehatan pelabuhan bandara. Di mana setiap penumpang dari luar negeri kita minta untuk melakukan pengecekan dan pelaporannya secara rutin dilaporkan ke kita,” pungkas mantan Kasubdit Hardabangtah Ditreskrimum Polda Kalbar tersebut. (NAJ)