SHARE
Penjual Hewan Kurban Mulai Menjamur
Salah satu penjual hewan kurban Adi terlihat memberi makan kambing. Foto: NAJ/kalbarupdates.com

SUNGAI RAYA– Aktivitas jual beli hewan kurban di Kabupaten Kubu Raya mulai banyak ditemui menjelang Hari Raya Iduladha 1440 Hijriah. Seolah tak mengenal tempat, aktivitas tersebut bahkan banyak dijumpai di pinggiran jalan-jalan protokol di Kabupaten Kubu Raya. 

Salah satunya di pinggiran Jalan Arteri Supadio, Desa Sungai Raya, Kecamatan Sungai Raya. Adi, salah seorang penjual hewan kurban mengaku sudah berjualan selama lima hari atau sejak tanggal 2 Agustus 2019.

Pedagang yang hanya berjualan setiap musim lebaran haji ini bercerita bahwa dirinya sudah menjual tak kurang dari 20 ekor kambing. Pada tahun 2019 ini, Ia memang sudah menyiapkan sebanyak 60 ekor kambing untuk dijajakkan kepada para pembeli. 

“Biasa laku 3, biasa 4, 6, tak tentu lah. Dua puluh sih lebih dah lakunya. Kalau total kita nyiapkan 60,” tuturnya saat dijumpai di tempatnya berjualan yang berlokasi di depan Transmart Kubu Raya, Jalan Arteri Supadio Sungai Raya, Rabu (7/8/2019). 

Tak hanya menjual kambing, di peternakannya yang berlokasi di Jalan Parit H. Muksin II, Desa Sungai Raya, Kecamatan Sungai Raya Adi juga menjual sapi. Berbeda dengan kambing, untuk salah satu hewan pemamah biak tersebut, Adi hanya menyiapkan sebanyak 47 ekor untuk dijual pada tahun ini. 

Adi mengklaim bahwa hewan kurban yang dijajakkannya cukup terjangkau bagi semua kalangan. Harga termurah untuk satu ekor kambing dibanderolnya senilai Rp2 juta, sementara untuk seekor sapi termurah dijualnya seharga Rp14 juta.

Pada kesempatan tersebut, Adi juga memastikan bahwa hewan kurban yang dijajakkannya terjamin sehat dan layak untuk dikurbankan. Pasalnya, hewan-hewan tersebut sudah melalui proses pemeriksaan dan dinyatakan layak untuk menjadi kurban oleh Dinas Ketahanan Pangan, Perkebunan dan Peternakan Kabupaten Kubu Raya. 

“Udah, udah bang (diperiksa oleh petugas). Ini buktinya (menunjukkan bukti hewan tersebut sudah melalui pemeriksaan) nih,” pungkasnya. 

Berkaca pada pengalaman di tahun-tahun sebelumnya, Adi memprediksi puncak penjualan hewan kurban bakal terjadi pada H-1 Iduladha, tepatnya pada Sabtu, 10 Agustus 2019. Di waktu tersebut, dirinya memprakirakan kalau hewan kurban miliknya berhasil terjual hingga puluhan ekor. 

Tak jauh dari tempat Adi berjualan, beberapa pedagang hewan kurban juga tampak berjualan di lokasi tersebut. Berdasarkan pantauan redaksi, tak kurang dari lima unit kandang semi permanen terlihat berjejeran di pinggiran jalan yang sama.(NAJ)