SHARE
Pemadam Api Berjibaku Padamkan Kebakaran Lahan
Petugas pemadam kebakaran tampak berjibaku memadamkan api. Foto: NAJ/kalbarupdates.com

SUNGAI KAKAP– Pemadam kebakaran swasta dan petugas dari Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Kubu Raya berjibaku memadamkan kebakaran lahan, Jumat (19/7/2019). Kebakaran lahan dengan luas lebih dari 6 hektare ini terjadi di Desa Punggur Kecil, Kecamatan Sungai Kakap. 

Kepala Seksi Kedaruratan dan Logistik BPBD Kubu Raya Sulistiono yang ikut memadamkan api mengatakan bahwa kebakaran ini masih berpotensi meluas. Di samping itu, lanjut dia, kebakaran tersebut juga diprediksi bisa terjadi hingga berbulan-bulan lamanya. 

“Kita lihat dengan cuaca yang ada bisa sampai berbulan-bulan karena di Sungai Raya dan Sungai Kakap ini memang banyak hotspot yang tidak terdeteksi. Ini pun kami melakukan pemadaman atas laporan dari masyarakat,” ujarnya saat ditemui di lokasi kebakaran. 

Sulistiono menambahkan bahwa pihaknya juga sudah melakukan pemadaman di sejumlah titik api di Kubu Raya. Beberapa hari memadamkan api, Ia mengaku sempat menemui kendala, yaitu sulitnya menjangkau sumber air. 

“Ada beberapa titik yang sudah terjadi kebakaran seperti Kuala Dua, Limbung dan Arang Limbung. Ada beberapa titik yang sudah ditangani. Kalau dari BPBD dan damkar swasta sejak Senin kita padamkan. Ada juga MPA (Masyarakat Peduli Api) yang membantu. Kendala yang dialami masalah sumber air,” ungkapnya. 

Hingga berita ini diturunkan, petugas damkar swasta dan BPBD Kubu Raya juga masih melakukan pemadaman. Pada saat yang sama, api juga tampak muncul di beberapa titik di sekitar lokasi kebakaran. (NAJ)