SHARE
Pangdam Lepas Satgas Pamtas Yonif 133/Yudha Sakti ke Perbatasan RI-Malaysia
Pangdam XII Tanjungpura saat melepas Satgas Pamtas Yonif 133/YS. Foto: Penerangan Kodam XII Tanjungpura.

SUNGAI RAYA – Panglima Kodam XII Tanjungpura Mayjen TNI Muhammad Nur Rahmad melepas Satuan Tugas Pengamanan Perbatasan Batalyon Infanteri 133/Yudha Sakti ke wilayah sektor timur perbatasan RI-Malaysia. Sebanyak 450 personel dari Satgas Pamtas Yonif 133/YS ini akan menggantikan tugas Satgas Pamtas Yonif 301/Prabu Kian Santang yang sebelumnya sudah bertugas menjaga wilayah perbatasan selama 9 bulan belakangan.

Para personel yang tergabung dalam Satgas Pamtas Yonif 133/YS merupakan prajurit yang berasal dari Kodam I Bukit Barisan. Terhadap mereka, Pangdam menjelaskan pentingnya tugas yang akan diemban karena wilayah tersebut merupakan kawasan yang strategis dan vital.

Pangdam menerangkan, wilayah yang bakal dijaga oleh Satgas Pamtas Yonif 133/YS ini rawan terjadi berbagai bentuk penyimpangan. Beberapa kerawanan yang Ia sebut antara lain pergeseran patok wilayah, perdagangan orang, pembalakan liar, peredaran gelap narkoba dan penyelundupan barang-barang ilegal.

“Kepada Satgas Pamtas Yonif 133/YS, saya tekankan selalu adakan koordinasi dengan aparat atau instansi terkait yang ada di perbatasan. Tingkatkan patroli-patroli keamanan maupun pemeriksaan patok batas serta adakan pembinaan terhadap masyarakat agar budaya gotong-royong, kesadaran berbangsa dan bernegara meningkat,” ucapnya saat upacara pelepasan, Senin (2/12/2019).

Jenderal bintang dua ini juga mengingatkan personel Satgas Pamtas Yonif 133/YS untuk menghargai adat istiadat dan kearifan lokal masyarakat setempat. Apabila menemui permasalahan ketika bertugas, Nur Rahmad berpesan agar persoalan itu diselesaikan secara kekeluargaan untuk menghindari permasalahan yang lebih besar.

“Laksanakan tugas operasi ini dengan penuh rasa tanggung jawab. Lakukan serah terima pos dengan baik dan maksimal sehingga dalam pelaksanaan tugas nantinya tidak mengalami kendala yang berarti. Serta, jaga faktor keamanan baik personel maupun materiil saat melaksanakan Serpas ke daerah perbatasan,” pesannya.

Untuk diketahui, Satgas Pamtas Yonif 133/YS akan bertugas selama sembilan bulan di wilayah sektor timur perbatasan RI-Malaysia. Mereka dilepas secara resmi oleh Pangdam XII Tanjungpura di Lapangan Makodam XII Tanjungpura. (NAJ)