SHARE
Ini Pimpinan Definitif DPRD Kubu Raya Periode 2019-2024
Penyerahan palu sidang secara simbolis dari Ketua DPRD sementara Zulkarnain kepada Ketua DPRD definitif Agus Sudarmansyah. Foto: NAJ/kalbarupdates.com

SUNGAI RAYA – Pimpinan definitif DPRD Kabupaten Kubu Raya resmi dilantik, Senin (4/11/2019). Prosesi pelantikan yang dipimpin oleh Ketua Pengadilan Negeri Mempawah Putu Ayu Sudariasih ini dihelat di Convention Hall Qubu Resort, Jalan Arteri Supadio Sungai Raya.

Bergantinya tampuk kepemimpinan dari pimpinan sementara ke pimpinan definitif ditandai dengan penyerahan palu sidang oleh Ketua DPRD sementara Zulkarnain kepada Ketua DPRD definitif Agus Sudarmansyah. Penyerahan juga disaksikan Wakil Ketua DPRD sementara Teguh Wibowo dan para Wakil Ketua DPRD definitif, yaitu Usman, Yuslanik dan Suharso.

Ditemui usai dilantik, Ketua DPRD Kubu Raya Agus Sudarmansyah menyatakan komitmennya untuk meningkatkan kualitas dan integritas lembaga legislatif tersebut. Dirinya juga menegaskan, di bawah kepemimpinannya nanti, DPRD Kubu Raya akan selalu menjalin sinergisitas dengan lembaga-lembaga lainnya, terutama lembaga eksekutif dan yudikatif.

Agus menambahkan, tugas pertama yang akan dikerjakan oleh pimpinan DPRD Kubu Raya ialah melaksanakan Rapat Paripurna Pelantikan Anggota DPRD Pengganti Antar Waktu (PAW). Setelahnya, sambung Agus, barulah pimpinan DPRD membahas sejumlah agenda lain seperti pengesahan tata tertib, pengesahan alat kelengkapan DPRD (AKD), reses dan membahas RAPBD 2020.

“Tugas paling prioritas utama adalah menyusun APBD 2020. Kemarin prosesnya sudah dimulai oleh pimpinan DPRD sementara. Karena keterbatasan kewenangan pimpinan sementara, maka memang harus menunggu dikantiknya pimpinan DPRD definitif,” ujarnya.

Di tempat yang sama, Bupati Kubu Raya Muda Mahendrawan mengatakan proses pelantikan pimpinan definitif DPRD memang sudah seharusnya dilakukan karena terdapat banyak proses yang menunggu untuk dibahas. Kepada para pimpinan DPRD, Muda berharap agar segala keputusan dan kebijakan yang diambil nantinya tidak keluar dari RPJMD 2019-2024.

“Ini memang harus segera dilantik karena menyangkut kepastian hukum, menyangkut proses legislasi, penyusunan APBD dan kebijakan strategis lainnya. DPRD harus tetap berjalan pada rel RPJMD. Relnya sudah ada. Ketika kebijakan dibuat, mengarah pada percepatan-percepatan,” tuturnya.

Prosesi pelantikan pimpinan DPRD Kubu Raya ini juga turut dihadiri Wakil Bupati Kubu Raya, Kepala Kejaksaan Negeri Mempawah, Asisten Administrasi Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat Setda Kalbar, Anggota DPRD Kalbar dan sejumlah undangan lainnya. Adapun nama-nama pimpinan DPRD Kubu Raya yang dilantik sebagai berikut.

Ketua DPRD: Agus Sudarmansyah (PDIP)

Wakil Ketua I: Usman (Partai Demokrat)

Wakil Ketua II: Yuslanik (Partai Gerindra)

Wakil Ketua III: Suharso (Partai Golkar) (NAJ)