SHARE
Dukung Aparat Tindak Tegas Pelaku Pembakar Lahan
Petugas pemadam kebakaran berjibaku memadamkan api di lahan gambut di Desa Punggur Kecil, Kecamatan Sungai Kakap, Kabupaten Kubu Raya. Foto: NAJ/kalbarupdates.com

SUNGAI RAYA– Bupati Kubu Raya Muda Mahendrawan mendukung penuh langkah yang dilakukan pihak kepolisian dalam menindak tegas pelaku pembakaran lahan. Muda menuturkan bahwa pelaku memang mesti ditindak hukum karena efek perbuatannya sangat merugikan masyarakat. 

“Pokoknya ya sudah itu efek jera. Habis kalau tidak begitu nanti tidak jera pelaku ini? Itu kan memang kewenangan aparat dan sudah ada undang-undangnya. Kalau sudah jelas buktinya mereka membakar, ya tindak saja,” ujarnya di Sungai Raya, Sabtu (10/8/2019). 

Muda mengingatkan warganya untuk tidak melakukan pembakaran lahan. Terlebih di musim kemarau seperti saat ini, pembakaran lahan jelas akan menambah kepekatan kabut asap.

“Kepada yang lain jangan coba-coba lagi. Jangan sampai ada yang membakar sengaja atau hanya karena tidak suka sama mungkin perusahaan atau orang lalulah dia bawa ban untuk bakar lahan,” imbuhnya. 

Bupati Kubu Raya ini juga menegaskan bahwa pihaknya tidak berpangku tangan dalam menangani kebakaran lahan. Muda mengklaim, jajaran Pemkab Kubu Raya bersama pihak-pihak terkait telah menempuh berbagai upaya demi mencegah bencana tahunan tersebut.

Lebih lanjut Muda tetap optimis kalau masyarakat akan sadar dengan sendirinya sehingga tidak lagi melakukan pembakaran lahan. Ia meyakini, serangkaian upaya yang dilakukan oleh berbagai pihak itu bakal membuahkan hasil dalam waktu beberapa tahun ke depan.

“Upaya kita sudah dari dulu. Sosialisasi sampai ke tingkat RT, desa. Kita ke manapun tetap ngomong tentang pencegahan ini. Langkah-langkah yang kita lakukan bersama pihak-pihak lain juga sudah tak terhitung. Dari mulai pembuatan sumur bor, sekat kanal, macam-macam. Namanya ulah manusia tidak bisa prosesnya sebentar. Kita yakin terus menerus bisalah masyarakat sadar. Kita pasti akan terus mengawal ini,” pungkasnya. (NAJ)