SHARE
Dugaan Politik Uang pada Pilkades RJU Diputuskan 9 Desember
Ilustrasi: Merdeka.com

SUNGAI RAYA – Dugaan politik uang yang terjadi pada proses Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) Rasau Jaya Umum (RJU), Kecamatan Rasau Jaya, Kabupaten Kubu Raya akan diputuskan pada 9 Desember mendatang. Keputusan akan ditetapkan pada saat rapat evaluasi hasil Pilkades serentak yang rencananya akan dipimpin langsung oleh Bupati Kubu Raya.

Kepala Dinas Sosial, Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DSPMD) Kabupaten Kubu Raya dr. Nursyam Ibrahim mengatakan bahwa jajarannya sudah melakukan pemeriksaan terkait dugaan politik uang yang diduga dilakukan oleh cakades RJU nomor urut 02 Iwan Kurnia Putra. Berdasarkan pemeriksaan tersebut, tidak terdapat indikasi kalau cakades nomor urut 02 melakukan politik uang.

“Informasi konkret mengenai adanya dugaan money politic dari hasil pemeriksaan dan data yang kami kumpulkan, tidak ada indikasi yang mengarah ke sana. Namun, untuk keputusan akhir akan diputuskan dalam rapat terkait hasil evaluasi Pilkades hari Senin mendatang,” ujarnya kepada awak media, Kamis (5/11/2019).

Dugaan politik uang pada Pilkades RJU ini dilaporkan oleh tiga cakades RJU lainnya, yakni calon nomor urut 01 Nanang Suhartono, calon nomor urut 04 Somad dan calon nomor urut 05 Wanda. Ketiganya melaporkan dugaan politik uang yang dilakukan Iwan Kurnia Putra dengan modus memberi sejumlah uang kepada warga dan disamarkan dengan pemberian surat mandat sebagai pemantau kepada penerimanya.

Nursyam menambahkan, sengketa Pilkades RJU ini dipastikan tidak akan mengganggu proses pelantikan kades terpilih hasil Pilkades serentak di 60 desa se-Kubu Raya. Sebab kata dia, saat ini sudah lebih dari 85 persen desa yang menyerahkan dokumen kesiapan pelantikan dan kades-kades terpilihnya pun sudah siap dilantik pada pertengahan Desember 2019.

“Insyaallah antara tanggal 16, 17 atau 18 Desember 2019. Di antara tiga tanggal itu. Saat ini sudah 85 persen desa yang sudah menyerahkan dokumen kesiapan pelantikan. Sisa beberapa desa saja lagi yang belum menyiapkan,” tandasnya. (NAJ)