SHARE
Aksi Nyata Mahasiswa UPB Sambut Hari Kemerdekaan
Mahasiswa KKN UPB 2019 tampak tengah melalukan bakti sosial. Foto: NAJ/kalbarupdates.com

SUNGAI AMBAWANG– Sejumlah mahasiswa Universitas Panca Bhakti (UPB) Pontianak menyambut peringatan HUT Kemerdekaan Republik Indonesia dengan melakukan aksi nyata. Mahasiswa yang terbagi ke dalam 8 kelompok Kuliah Kerja Nyata (KKN) itu menggelar aksi nyatanya di desa di Kecamatan Sungai Ambawang antara lain Desa Jawa Tengah, Desa Korek dan Desa Lingga. 

Aksi nyata yang dilakukan oleh mahasiswa dari Fakultas Hukum, Teknik, Pertanian dan Ekonomi tersebut di antaranya bakti sosial, pemasangan papan nama RT/RW, sosialisasi tentang kampus UPB serta pendampingan terhadap Badan Usaha Milik Desa (Bumdes). Serangkaian kegiatan tersebut rencananya bakal dilangsungkan selama belasan hari, terhitung sejak tanggal 12 Agustus hingga 31 Agustus 2019. 

Salah satu mahasiswa yang tergabung ke dalam kelompok I KKN UPB 2019 Supardiansyah mengatakan bahwa aksi nyata yang dilakukan ini merupakan bentuk aktualisasi dari pembelajaran yang telah diterima mahasiswa selama berada di perguruan tinggi. Mahasiswa yang ditempatkan di RT 02/RW 01 Dusun Karya II, Desa Jawa Tengah ini berharap berbagai kegiatan yang dilaksanakan nantinya dapat bermanfaat bagi masyarakat sekitar. 

“Tentunya multi disiplin Ilmu yang ada harus diterapkan dengan sebaik-baiknya untuk kepentingan masyarakat. Kita berharap mudah-mudahan kehadiran kami di sini dapat dirasakan manfaatnya oleh masyarakat,” ujarnya saat ditemui di Dusun Karya II, Desa Jawa Tengah, Kecamatan Sungai Ambawang, Kamis (15/8/2019). 

Di tempat yang sama, Kepala Dusun Karya II, Desa Jawa Tengah Samsyudin menyambut positif kehadiran mahasiswa UPB yang tengah melaksanakan KKN. Kedatangan mereka diharapkan Samsyudin dapat berdampak baik bagi kemajuan Desa Jawa Tengah, khususnya Dusun Karya II. 

“Kita menyambut baik kehadiran adik-adik mahasiswa layaknya anak-anak sendiri. Harapannya kehadiran mereka di Dusun Karya II dapat membantu masyarakat yang membutuhkan,” imbuhnya. 

Sementara itu, salah satu dosen pembimbing lapangan (DPL) Anita Yulistiani saat dikonfirmasi mengatakan bahwa pelaksanaan KKN bertujuan melatih mahasiswa supaya lebih dekat dengan masyarakat sebelum nantinya menjadi sarjana sesuai disiplin ilmunya masing-masing. Kepada mahasiswa, Ia juga berpesan agar program kerja yang dilakukan selama KKN harus benar-benar bersentuhan langsung dengan masyarakat.

“KKN ini merupakan wujud pengabdian kepada masyarakat. Oleh karena itu, mahasiswa KKN khususnya kelompok I harus memanfaatkan waktu yang ada dengan sebaik mungkin guna melaksanakan dharma bakti perguruan tinggi,” pungkasnya.(NAJ)