SHARE
70 Siswa Terima Beasiswa Dari Pemdes Parit Baru
Kepala Desa Parit Baru Musa menyerahkan beasiswa kepada salah satu siswa. Foto: NAJ/kalbarupdates.com

SUNGAI RAYA – Pemerintah Desa Parit Baru, Kecamatan Sungai Raya, Kabupaten Kubu Raya memberikan beasiswa kepada 70 siswa sekolah dasar. Beasiswa berupa uang tunai sebesar Rp500 ribu itu diberikan kepada siswa-siswa kurang mampu yang berasal dari berbagai sekolah dasar berbeda di Desa Parit Baru.

Empat sekolah dasar menjadi sasaran pemberian beasiswa yang sumber pendanaannya berasal dari Dana Desa tahun anggaran 2019. Keempat sekolah tersebut antara lain SD Negeri 8 Sungai Raya, SD Negeri 17 Sungai Raya, SD Negeri 27 Sungai Raya dan SD Haebat Islam Sungai Raya. 

Ditemui usai menyerahkan beasiswa, Kepala Desa Parit Baru Musa berharap beasiswa yang diberikan ini dapat dimanfaatkan dengan sebaik-sebaiknya. Karena seluruh penerima beasiswa merupakan siswa kelas 6, Ia meminta agar dana beasiswa tersebut digunakan untuk membeli berbagai kebutuhan sekolah pada jenjang berikutnya. 

“Ini merupakan pembagian beasiswa pertama untuk di Parit Baru bagi mereka-mereka yang tidak mampu. Ada Rp35 juta yang kita anggarkan di tahun 2019 ini dengan menggunakan Dana Desa. Dasarnya adalah PP nomor 43 tahun 2014 penjelasan pasal 19 ayat 2. Di situ menjelaskan bahwa yang namanya pembangunan juga meliputi pembangunan manusia yang meliputi pembangunan sosial dasar yang meliputi pendidikan dan kesehatan,” tuturnya di Halaman SD Negeri 8 Sungai Raya, Rabu (12/6/2019). 

“Tahun ini kami menganggarkan sebanyak 70 orang. Per orangnya kami berikan Rp500 ribu. Mudah-mudahan ini bermanfaat bagi mereka yang hendak melanjutkan pendidikan ke jenjang berikutnya,” timpalnya. 

Di hadapan orang tua penerima beasiswa, Musa berjanji akan menambah kuota penerima beasiswa di tahun 2020 mendatang. Tidak hanya itu, Ia juga berjanji menambah besaran beasiswa yang bakal diterima siswa di tahun berikutnya.

“Untuk tahun depan mudah-mudahan kita bisa melebihi kuota 70 itu dan nominal yang diberikan pun bisa lebih dari itu. Bergantung kemampuan desa nantinya. Sasarannya juga akan bergilir. Setiap tahun bagi mereka yang akan lulus SD, itu yang kita bantu,” janjinya. 

Kebijakan yang baru pertama kalinya dilakukan ini pun menuai apresiasi dari sejumlah pihak, tak terkecuali oleh Kepala SD Negeri 8 Sungai Raya Rusbani. Dirinya menilai bahwa pemberian beasiswa ini dapat meringankan beban orang tua yang akan menyekolahkan anaknya ke jenjang pendidikan yang lebih tinggi. 

“Ini sangat positif karena sangat membantu orang tua murid dalam mempersiapkan masuk sekolah lanjutannya. Walaupun tidak sepenuhnya siswa kita dapat, kita tetap bersyukur dan mudah-mudahan sesuai dengan yang disampaikan oleh kepala desa tadi, beliau akan menambah kuota lagi untuk tahun depan,” pungkasnya. (NAJ)