SHARE
Tuntaskan Perakitan 10 Ribu Kotak Suara
Salah satu pekerja sedang merakit kotak suara. Foto: NAJ/kalbarupdates.com

PONTIANAK – Komisi Pemilihan Umum Kota Pontianak tengah melakukan perakitan kotak suara yang akan digunakan pada Pemilu dam Pilpres serentak 2019. Perakitan yang sudah dimulai sejak Senin (4/2/2019) ini rencananya akan selesai secara keseluruhan pada hari Jumat (8/2/2019).

“Perakitan kotak suara sudah kita lakukan sejak beberapa hari lalu hingga hari ini dan insyaallah hari ini akan selesai secara keseluruhan perakitannya,” ujar Ketua KPU Kota Pontianak Deni Nuliadi saat ditemui di Kantor KPU Kota Pontianak, Jumat (8/2/2019).

Perakitan di awal Februari, kata Deni, dilakukan atas imbauan dari Sekretaris Jenderal KPU RI. Hal itu bertujuan agar KPU di tingkat kabupaten/kota lebih awal melakukan pengecekan terhadap kotak suara yang sudah dikirim beberapa waktu lalu.

“Sengaja kita rakit di awal Februari ini karena ada imbauan dari Sekjen KPU RI untik segera di awal Februari melakukan perakitan kotak suara. Tujuannya tidak hanya menyiapkan secara dini kotak suara itu, tapi untuk juga sekaligus mengecek kondisi kotak suara yang telah dikirim beberapa hari lalu,” tukasnya.

Dari total 10 ribu lebih kotak suara yang dirakit, Deni mengaku tak menemukan kotak suara dalam kondisi rusak. Dengan kata lain, seluruh kotak suara yang dikirim oleh KPU RI dalam kondisi baik. Adapun pekerja yang melakukan perakitan berjumlah 25 orang.

“Sejauh ini berdasarkan pengamatan kita, alhamdulillah kondisinya bagus semua. Tidak ada masalah. Tim yang melakukan perakitan ada kurang lebih 25 orang,” tuturnya. (NAJ)