SHARE
Tujuh Ruko di Singkawang Ludes Dilahap Api, Satu Korban Meninggal
Petugas pemadam kebakaran berhasil menjinakkan amukan si jago merah yang melalap tujuh ruko di Singkawang. FOTO: Dok Ist/kalbarupdates.com

PONTIANAK – Sebanyak tujuh ruko di Jalan Diponegoro, Kelurahan Pasiran, Kecamatan Singkawang Barat, Kota Singkawang, Kalimantan Barat ludes dilahap api. Kebakaran ini terjadi pada Jumat (19/2/2021) sekitar pukul 02.00 WIB. Musibah itu menewaskan satu orang akibat terjebak dalam kobaran api.

Saksi mata, Wahyu mengatakan, ia melihat langsung bagaimana cepatnya api menghanguskan bangunan ruko tersebut. Karena, saat kejadian dia sedang bertugas di salah satu bank yang berada tepat di depan ruko yang terbakar.

“Saat kejadian saya sedang jaga malam. Awalnya saya melihat kabut, saya kira itu embun. Setelah itu saya melihat salah satu pemilik ruko mengeluarkan motor, dari situ saya sadar terjadi kebakaran,” jelasnya.

Karena sadar telah terjadi kebakaran, Wahyu langsung meminta bantuan ke nasabah yang sedang berada di dalam ATM. Tidak lama, sekitar lima menit kemudian petugas pemadam kebakaran datang dan berjibaku memadamkan api.

“Kalau penyebab saya juga tidak tahu. Diduga api berasal dari korsleting listrik. Karena api tadinya dari lantai atas,” ujarnya.

Sementara itu, salah satu petugas pemadam kebakaran dari BPKS Pasar Kulor, Hendra mengatakan, pihaknya mendapat laporan dari warga sekira pukul 02.00 WIB. “Setelah sampai di lokasi, kami lihat tiga ruko sudah terbakar,” ceritanya.

Setibanya di lokasi, Hendra dan rekannya berjibaku memadamkan api. Saat itulah petugas menyadari bahwa masih ada korban yang terjebak api dalam rumahnya.

“Saat memadamkan api, kami lihat masih ada orang pingsan di dalam. Kami mencoba bantu mengeluarkan. Lalu korban dibawa ke rumah sakit. Kurang lebih 10 menit, kami mendapat informasi korban meninggal dunia,” katanya.

Hendra menuturkan, pihaknya masih  belum mengetahui pasti penyebab kebakaran. Karena, saat petugas damkar tiba, api sudah membara. “Saat memadamkan api, terjadi ledakan dari ruko yang menjual mesin-mesin,” tutupnya.

Hingga berita ini dimuat, petugas pemadam kebakaran masih melakukan pendinginan di lokasi agar api tak kembali menyala. Pihak kepolisian pun belum memberikan keterangan resmi terkait penyebab pasti dalam kebakaran yang memakan korban jiwa ini. (*/R-1)