SHARE
Suasana rapat koordinasi persiapan Pontianak International Dragon Boat 2019. Foto: NAJ/kalbarupdates.com

PONTIANAK– Kompetisi perahu naga internasional bertajuk Pontianak International Dragon Boat (PIDB) akan segera digelar pada 20-22 September 2019. Even yang akan dipusatkan di Sungai Kapuas tersebut bakal dimeriahkan oleh tujuh negara antara lain Indonesia, Malaysia, Brunei Darussalam, Filipina, Singapura, Cina, dan Australia. 

Wali Kota Pontianak Edi Rusdi Kamtono mengatakan bahwa saat ini Pemkot Pontianak bersama pihak-pihak lainnya tengah mematangkan persiapan penyelenggaraan even berskala internasional tersebut. Pontianak International Dragon Boat ini merupakan satu di antara serangkaian kegiatan pada Perayaan Hari Jadi Kota Pontianak.

“Mudah-mudahan penyelenggaraan tahap pertama ini bisa berjalan lancar dan dengan adanya even ini bisa tertanam di hati masyarakat rasa kecintaan terhadap olahraga air. Kita ingin di hari ulang tahun Kota Pontianak ini semakin meriah,” ujarnya saat memimpin rapat koordinasi persiapan PIDB di Pontianak, Minggu (8/9/2019) pagi. 

Edi menambahkan bahwa terlaksananya even ini juga tidak terlepas dari arahan Presiden Republik Indonesia Joko Widodo saat melakukan kunjungan di Kota Pontianak beberapa waktu lalu. Presiden Jokowi kala itu memintanya untuk lebih sering mengadakan kegiatan berskala nasional bahkan internasional di Sungai Kapuas.

“Potensi Sungai Kapuas ini jika dimanfaatkan dan dikelola secara baik akan menjadi daya pikat bagi wisatawan dan memberikan dampak bagi perekonomian masyarakat,” tuturnya. 

Kapolresta Pontianak AKBP Ade Ary Syam Indradi menyatakan bahwa pihaknya siap melakukan pengamanan terhadap pelaksanaan kegiatan tersebut. Ia juga meyakini kalau even tersebut dapat semakin memajukan pariwisata di Kota Pontianak. 

“Polresta Pontianak siap mengamankan acara ini dan nanti tentunya kami akan melaporkan kepada pimpinan bapak Kapolda tentang kegiatan ini karena ini kegiatan internasional. Intinya Polresta Pontianak siap mengamankan acara ini,” katanya.

“Saya salut sama panitia yang hebat mau mengadakan acara sehingga Kota Pontianak lebih dikenal di dunia internasional dan memajukan UMKM dan pariwisata,” tandasnya. (NAJ)