SHARE
Sutarmidji: Presiden Dukung Pemekaran Provinsi Kapuas Raya
Gubernur Kalbar Sutarmidji. Foto: NAJ/kalbarupdates.com

PONTIANAK– Gubernur Kalimantan Barat menegaskan bahwa Presiden Joko Widodo tidak ada masalah terkait rencana pemekaran Provinsi Kapuas Raya. Pada prinsipnya, Presiden setuju dengan pemekaran selama segala persyaratan dipenuhi. 

Mantan Wali Kota Pontianak ini menuturkan bahwa saat ini pihaknya terus menjalin koordinasi dengan Menteri Dalam Negeri. Oleh Mendagri, sambung Sutarmidji, Pemprov Kalbar diingatkan untuk memenuhi berbagai persyaratan pemekaran seperti persoalan infrastruktur, kesiapan gedung perkantoran dan pelayanan publik. 

“Kapuas Raya itu yang penting kita siapkan. Kalau kewenangannya ada pada saya, udah saya bentuk. Tapi, ini kan kewenangan pusat. Sementara ini kan masih kajian terus,” ucapnya saat ditemui di Kantor DPRD Kalbar, Selasa (10/9/2019). 

Terhadap persiapan pemekaran, Sutarmidji mengatakan bahwa gedung-gedung tersebut akan dimulai pembangunannya pada tahun depan. Ia juga optimis kalau pemekaran Provinsi Kapuas Raya bakal terwujud karena dinilai dapat meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

“Saya yakin kalau untuk provinsi tidak begitu inilah karena Papua itu kan tuntutannya jadi empat provinsi, bahkan lima. Kalau Papua dipenuhi, Kalbar lebih layak lagi,” tandasnya. (NAJ)