SHARE
Ilustrasi

PONTIANAK – Seleksi Tilawatil Quran (STQ) Nasional XXV bakal digelar di Kota Pontianak, Provinsi Kalimantan Barat. Ajang dua tahunan ini sedikitnya diikuti oleh 593 peserta dari 33 provinsi di seluruh Indonesia. 

Jumlah tersebut belum termasuk peserta asal Kalimantan Barat. Jika dikalkukasikan dengan seluruh ofisial, pelatih, dan pendamping dari seluruh Indonesia, kafilah yang bakal berkunjung ke Kalimantan Barat diperkirakan mencapai angka lebih dari 1.600 orang. 

“Informasi terakhir ada 593 peserta. Ditambah dengan pendamping-pendamping itu ada 1600 lebih yang hadir ke Kalimantan Barat dari 33 provinsi,” ujar Pj. Sekda Kalimantan Barat Syarif Kamaruzzaman saat diwawancarai di Kantor Gubernur Kalimantan Barat, Selasa (18/6/2019). 

Peserta dan kafilah sebanyak itu dikatakan Kamaruzzaman akan diinapkan di berbagai hotel di Kota Pontianak. Hal yang sama juga berlaku pada dewan hakim yang akan memberikan penilaian kepada para peserta. 

Sementara itu, guna menghindari adanya peserta dan dewan hakim yang mengalami kemacetan sehingga berpotensi mengganggu kelancaran pelaksanaan STQ, panitia penyelenggara sudah meminta pihak-pihak terkait untuk melakukan rekayasa lalu lintas. Di samping itu, persiapan-persiapan lain yang berkaitan dengan pelaksanaan STQ juga terus dimatangkan oleh penyelenggara supaya kesalahan-kesalahan pada saat berlangsungnya kegiatan dapat diminimalisasi. 

“Rapat persiapan tetap akan dilakukan terus menerus sampai akhir nanti pada tanggal 25. Rapat yang dilakukan secara lengkap dan melibatkan instansi-instansi di luar pemerintah daerah,” tandasnya. (NAJ)