SHARE
Kasatlantas Polresta Pontianak Kompol Syarifah Salbiah memasangkan helm kepada salah satu anak. Foto: NAJ/kalbarupdates.com

PONTIANAK– Ada hal unik pada setiap kegiatan Operasi Patuh Kapuas yang dilaksanakan Satuan Lalu Lintas (Satlantas) Polresta Pontianak. Pasalnya, selain merazia pengendara yang tidak menaati peraturan lalu lintas, para personel kepolisian Satlantas juga membagikan helm anak kepada anak-anak yang kedapatan tidak mengenakan helm saat berkendara. 

Setiap hari, bahkan setiap kegiatan razia anggota polisi selalu menyiapkan 20-30 unit helm anak di satu titik razia. Dalam beberapa hari ke depan, Satlantas masih akan membagikan sedikitnya 60 unit helm yang akan dibagikan kepada anak-anak. 

“Setiap kita giat razia kita sandingkan helm children di satu titik itu ada dua puluh sampai tiga puluh helm. Helm-helm ini kita dapat dari dukungan Honda sebanyak 200 helm dan Jasa Raharja sebanyak 20 helm,” ucap Kasatlantas Polresta Pontianak Kompol Syarifah Salbiah saat dijumpai di Mapolresta Pontianak, Minggu (8/9/2019).

Melalui pembagian helm anak ini, Salbiah berharap para orang tua bisa sadar akan pentingnya keselamatan berkendara bagi anak. Menurutnya, mengenakan helm bukan untuk menghindari razia semata, melainkan untuk keselamatan. 

Dalam kesempatan itu, Salbiah juga mengungkapkan bahwa pihaknya mendapati banyaknya pelanggaran pada Operasi Patuh Kapuas 2019. Pelanggaran tersebut didominasi oleh pengendara yang tidak mengunakan helm,

anak di bawah umur mengemudikan kendaraan dan pengemudi mobil yang tidak mengenakan sabuk pengaman.

“Intinya masyarakat harus tertib, tidak pada saat operasi saja. Tapi, selamanya karena alirannya semua untuk keselamatan masyarakat,” tutupnya. (NAJ)