SHARE
Pontianak Sediakan Kapal Ferry Berkapasitas Luas
Wali Kota Pontianak Edi Rusdi Kamtono. Foto: Dok. Prokopim Kota Pontianak

PONTIANAK – Pemerintah Kota (Pemkot) Pontianak menjalin kerja sama dengan PT Jembatan Nusantara (JN) guna meningkatkan pelayanan terhadap masyarakat dalam jasa penyeberangan ferry Bardan Nadi – Siantan.

Kerja sama dituangkan dalam sebuah nota kesepahaman atau Memorandum of Understanding (MoU) yang diteken oleh Wali Kota Pontianak Edi Rusdi Kamtono dan Direksi PT Jembatan Nusantara Yulman Jamal di Ruang Pontive Center, Jumat (12/3/2021).

Kepala Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Pontianak Utin Srilena Candramidi menjelaskan, sebelumnya kerja sama penyediaan jasa penyeberangan dikelola oleh PT Angkutan Sungai, Danau, dan Penyeberangan (ASDP) Indonesia Ferry.

Namun dikarenakan pihak ASDP tidak bisa memenuhi permintaan Pemkot Pontianak untuk menyediakan kapal ferry berkapasitas sekitar 460 Gross Tonnage (GT), satuan untuk total volume kapal, sehingga pihaknya beralih menjalin kerja sama dengan PT JN. “Tujuannya untuk memudahkan pelayanan bagi masyarakat yang menggunakan ferry penyeberangan agar lebih maksimal,” ungkapnya.

Utin menambahkan, kontrak kerja sama yang baru saja diteken kedua belah pihak berlaku selama 12 bulan. Dengan catatan sepanjang penyedia jasa ferry penyeberangan memenuhi aturan yang sudah ditetapkan, maka kerja sama ini akan tetap berlanjut.

“Sebaliknya, apabila perusahaan tidak mematuhi aturan yang ada maka Pemkot Pontianak akan memutus kontrak kerjasama yang sudah terjalin,” ucap dia.

Kapal ferry milik PT JN ini dilengkapi dengan tanduk dan dampra, karet yang terdapat pada kapal, untuk mencegah kerusakan dermaga saat kapal bersandar. Adapun spesifikasi kapal besi ini di antaranya mampu memuat 12 unit truk standar, 9 kendaraan roda empat dan 30 kendaraan roda dua. “Kapalnya sudah tiba di Pontianak dan saat ini bersandar di samping dermaga Bardan Nadi,” terangnya.

Rencananya, pasca ditekennya MoU antara Pemkot Pontianak dan PT JN, pihaknya bersama jajaran Komisi II DPRD Kota Pontianak akan meninjau uji coba pengoperasian kapal ferry tersebut. “Sebagaimana arahan Bapak Wali Kota yang menekankan untuk memprioritaskan keselamatan penumpang ferry,” sebut Utin.

Perjalanan kerja sama penyediaan jasa ferry penyeberangan Bardan Nadi – Siantan memiliki catatan panjang. Sebelum tahun 1995, kerja sama vendor ferry dikelola PT JN. Kemudian tahun 1995, kerja sama diambil alih oleh PT ASDP Indonesia Ferry. Di tahun 2021, PT JN kembali mengelola jasa penyeberangan melalui MoU yang diteken oleh kedua belah pihak. (*R-1)