SHARE
Polsek Kubu Ciduk Pemilik Senpi Rakitan
M saat menunjukkan barang bukti di Mapolsek Kubu. Foto: Polsek Kubu

PONTIANAK – Seorang warga Desa Air Putih, Kecamatan Kubu diamankan polisi pada Kamis (28/11/2019) sore. Warga dengan inisial M (45) itu diciduk di kediamannya, RT 12/RW 3, Dusun Purworejo karena menyimpan empat pucuk senjata api (senpi) rakitan.

Kepemilikan senpi rakitan itu diketahui setelah adanya laporan dari masyarakat. Personel Kepolisian Sektor Kubu yang mendapati informasi tersebut lantas melakukan penyelidikan lebih lanjut dengan mendatangi kediaman M.

Saat didatangi, M tampak berada di teras rumahnya dengan tas selempang yang disimpannya tak jauh dari posisi Ia duduk. Polisi yang curiga dengan isi tas tersebut lantas meminta M untuk membukanya. Dugaan polisi ternyata tepat karena didapati senpi rakitan laras pendek di dalam tas tersebut. Sesaat setelah mendapati senpi di tas M, polisi pun bergegas melakukan penggeledahan di rumah M dan kembali mendapati tiga senpi rakitan lainnya.

Di dalam rumah M, polisi juga berhasil menyita sejumlah peralatan yang biasa Ia gunakan saat merakit senpi, seperti besi, kantong sendawa, mesin canai, saringan, pisau, palu dan amunisi aktif. Sejumlah peralatan itu kemudian dibawa ke Mapolsek Kubu untuk dijadikan sebagai barang bukti.

Kabar penangkapan M turut dibenarkan Plh. Kapolres Kubu Raya AKBP Yani Permana. Dikonfirmasi terpisah, Ia menuturkan bahwa saat ini jajarannya tengah melalukan pengembangan untuk memastikan peruntukan senpi rakitan tersebut.

“Kita kembangkan dengan dugaan pernah akan dijual atau senpi yang digunakan untuk kejahatan. Baik perampokan, pembegalan atau kasus yang lain,” ucapnya kepada¬†kalbarupdates.com, Minggu (1/12/2019).

Yani juga mengimbau masyarakat Kubu Raya untuk melapor kepada pihak kepolisian jika mendapati warga yang diduga menyimpan senjata api tanpa izin. Sebab kata dia, warga sipil tidak boleh sembarangan menyimpan senpi dan kepemilikannya pun harus seizin pihak kepolisian.

“Apabila ada masyarakat yang mengetahui, mendengar dan melihat (warga sipil yang punya senpi tanpa izin) agar segera melaporkan atau menginfokan kepada aparat kepolisian terdekat,” imbuhnya. (NAJ)