SHARE
PKS Mulai Jajaki Sejumlah Nama Untuk Diusung Pada Pilkada Serentak 2020
Ketua DPD PKS Kalbar Arif Joni. Foto: NAJ/kalbarupdates.com

PONTIANAK– Dewan Pimpinan Daerah Partai Keadilan Sejahtera (DPD PKS) Kalimantan Barat tengah bersiap menyambut Pilkada serentak 2020. Sejumlah nama pun mulai dijajaki untuk diusung pada Pilkada yang tahapannya akan dimulai pada bulan September 2019 tersebut. 

“Kalau proses pendaftaran secara resmi belum jadi kita baru penjajakan dan komunikasi politik. Toh, schedule Pilkada 2020 baru start nya September 2019. Oleh karenanya, kita mengikuti jadwal dan mekanisme yang ditetapkan oleh KPU,” ucap Ketua DPD PKS Kalbar Arif Joni saat ditemui di Pontianak, Selasa (9/7/2019). 

Selain menjajaki sejumlah kandidat, PKS juga mengklaim sudah melakukan rapat internal bersama DPD kabupaten/kota se-Kalbar. Di samping itu, komunikasi politik dengan parpol-parpol lain juga terus dilakukan guna menyongsong pemilihan kepala daerah yang dilakukan serentak di 7 kabupaten di Kalbar tersebut.

“Kita sudah melakukan rapat dewan pimpinan tingkat wilayah diperluas bersama DPD PKS kabupaten/kota se-Kalimantan Barat. Intinya memang menyongsong Pilkada serentak 2020 di mana ada 7 kabupaten yang melaksanakannya. Oleh karenanya DPD segera melakukan komunikasi politik dengan partai-partai agar kiranya nanti dapat bekerja sama mengusung pasangan calon bupati/wakil bupati,” ujarnya. 

Dari 7 kabupaten yang melaksanakan Pilkada, DPW PKS memberi perhatian khusus pada Kabupaten Sambas. Hal itu dirasa tak berlebihan mengingat Bupati Sambas saat ini Atbah Romin Suhaili memang merupakan kader PKS, bahkan masih menjabat sebagai Ketua DPD PKS Kabupaten Sambas.

“Khusus Sambas, karena bupati merupakan incumbent dari PKS maka tentu Sambas menjadi perhatian khusus agar komunikasi politik dan membentuk koalisi untuk mengusung bupati/wakil bupati itu sedapat mungkin bisa lebih cepat daripada yang lain agar melakukan komunikasi yang lebih luas dengan elemen masyarakat di sana,” ungkapnya. 

Kendati memberi perhatian khusus pada Pilkada Sambas, Arif menegaskan bahwa PKS tetap serius untuk berkoalisi dengan partai lain dalam mengusung kandidat calon bupati/calon wakil bupati di 6 wilayah lain. Anggota DPRD Kalbar terpilih itu juga menyebut bahwa partai besutan Sohibul Iman itu menargetkan kemenangan 100 persen bagi kandidat-kandidat yang diusung PKS. 

“Sebagaimana Pilkada sebelumnya yang seluruh kabupaten/kota diusung PKS menang 100 persen, maka kita ingin mengulang sejarah itu. Kita berharap 2020 100 persen yang diusung PKS menang,” pungkasnya.(NAJ)