SHARE
Penumpang Kapal dari Kayong Utara akan Jalani Swab PCR
Ilustrasi: Suara.com

PONTIANAK – Gabungan Satuan Tugas (Satgas) Percepatan Penanganan Covid-19 Provinsi Kalbar, Kota Pontianak, dan Kubu Raya, akan melakukan swab PCR dan Rapid Test Antigen terhadap penumpang asal Kabupaten Kayong Utara yang menggunakan transportasi laut.

Penumpang dimaksud adalah mereka yang menggunakan kapal motor atau speed boat dengan rute Teluk Batang- Pontianak, Sukadana-Pontianak, Dusun – Pontianak atau Teluk Batang – Rasau Jaya, Teluk Melano – Rasau Jaya, Durian Sebatang – Rasau Jaya, Dusun – Rasau Jaya.

“Mulai besok Satgas Penanganan Covid-19 Kalbar dan Satgas Kota Pontianak dan Kubu Raya akan melaksanakan uji swab atau rapid test antigen terhadap penumpang yang datang dari Kabupaten Kayong Utara,” ungkap Harisson, Kamis (21/1/2021).

Nantinya pemeriksaan uji swab PCR atau rapid test antigen akan dilakukan secara acak kepada para penumpang yang datang dari Kayong Utara.

Kebijakan tersebut diberlakukan setelah Kayong Utara dinilai menjadi salah satu daerah rawan penularan Covid-19, karena Satgas Covid-19 Kabupaten Kayong Utara jarang melakukan kegiatan testing dan tracing.

Harisson menyayangkan minimnya kegiatan tracing, testing, treatment (3T) di Kayong Utara. Padahal selain menerapkan protokol kesehatan, kegiatan 3T dapat membantu mengendalikan Covid-19 suatu daerah.

“Kabupaten Kayong Utara sangat sedikit melaksanakan kegiatan testing dan tracing. Sehingga saat ini mereka tidak mengetahui bagaimana gambaran Covid-19 di daerahnya. Padahal kegiatan testing dan tracing secara masif bisa memetakan kondisi kasus Covid-19,” jelasnya.

Harisson meminta daerah tidak takut melakukan 3T, sekalipun di awal akan terjadi kenaikan jumlah kasus, namun setidaknya Satgas Covid-19 Kabupaten/Kota mendapat gambaran utuh mengenai penyebaran Covid-19.

Dia mencontohkan Kabupaten Bengkayang dan Kota Pontianak yang terus aktif melakukan testing dan tracing, walaupun di awal terjadi peningkatan kasus, tapi untuk sekarang sampel positifity rate sudah rendah.

“Belakangan Kota Pontianak dan Kabupaten Bengkayang sampel positifity rate-nya sudah sangat rendah. Ini menunjukkan keberhasilan dan suatu bukti bahwa yang namanya Satgas Covid-19 kalau aktif melakukan testing dan tracing akan bisa mengendalikan penyebaran Covid-19,” tutupnya. (ANS)