SHARE
Pemkot Pontianak Terapkan Tanda Tangan Digital
Ilustrasi

PONTIANAK – Pemerintah Kota Pontianak mulai menerapkan tanda tangan digital. Saat ini, tanda tangan digital sudah diterapkan dalam perizinan yang dikeluarkan oleh Dinas Penanaman Modal, Tenaga Kerja dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMTK-PTSP) Kota Pontianak.

Asisten Administrasi Umum Sekretariat Daerah Kota Pontianak Hidayati mengatakan penerapan tanda tangan digital dilakukan dalam upaya percepatan pelayanan administrasi di lingkungan Pemkot Pontianak. Dengan penerapan tanda tangan digital ini, dirinya berharap penggunaan kertas bisa semakin berkurang.

“Ini sebagai langkah yang baik karena semuanya menerapkan digital dalam surat menyurat. Kita berharap semakin ke depan kita bisa mengarah ke arah digital,” ujarnya saat membuka Sosialisasi Implementasi Sertifikat Elektronik atau Tanda Tangan Digital di lingkungan Pemkot Pontianak di Aula Sultan Syarif Abdurrahman Kantor Wali Kota Pontianak, Selasa (5/11/2019).

Selain menghemat kertas, kata Hidayati, penerapan tanda tangan digital juga memberikan banyak manfaat lainnya seperti efisiensi waktu dan ramah lingkungan. Diakuinya, slogan hemat kertas atau paperless sudah sejak lama digaungkan dalam administrasi pemerintahan, namun faktanya masih belum bisa terealisasi secara keseluruhan.

“Oleh sebab itu dengan diterapkannya tanda tangan digital ini tentunya semakin mengurangi penggunaan kertas. Saya berharap dengan digelarnya sosialisasi ini, jajaran OPD di lingkungan Pemkot Pontianak dapat memahami pentingnya penerapan tanda tangan digital,” ungkap Hidayati.

Berkaitan dengan tanda tangan digital, Pemkot Pontianak juga sudah memiliki Peraturan Wali Kota Nomor 75 tahun 2018 tentang penerapan dan pengelolaan sertifikat elektronik di lingkungan Pemkot Pontianak. Adapun sosialisasi yang digelar oleh Dinas Komunikasi dan Informatika Kota Pontianak itu menghadirkan narasumber dari Balai Sertifikat Elektronik Badan Siber dan Sandi Negara (BSSN), yakni Imam Resti Muhtahar dan Dwika Raga Putra. (NAJ)