SHARE
Penampakan panggung tanjak di Taman Alun Kapuas. Foto: NAJ/kalbarupdates.com

PONTIANAK– Pengunjung Taman Alun Kapuas kini semakin dimanjakan dengan hadirnya panggung tanjak. Panggung yang sejatinya bakal digunakan sebagai mimbar tilawah pada perhelatan Seleksi Tilawatil Quran (STQ) tingkat nasional itu kini dijadikan spot foto bagi para pengunjung Taman Alun Kapuas. 

Maria Astri (22), salah satu pengunjung merasa bangga akan hadirnya panggung tanjak. Ia juga tak menampik kalau panggung tersebut kian diminati pengunjung, sebab dirinya pun menjadikan panggung tanjak sebagai tempat berfoto.

“Banggalah. Sebagai warga kota, ini merupakan kebanggaan tersendiri. Banyak sekali yang berfoto di panggung tanjak,” ujar Maria ketika disambangi di Taman Alun Kapuas, Senin (24/6/2019).

Sama halnya dengan Maria, Agus Widianto (18) juga ikut bangga akan kehadiran panggung tanjak. Dirinya bahkan meyakini kalau panggung tanjak ini bakal menjadi ikon baru bagi Kota Pontianak dan tetap akan diminati meskipun tak lagi dimanfaatkan sebagai mimbar tilawah.

“Jelas banggalah. Bentuknya unik. Baru kali ini kayaknya ada bangunan kayak gini di Pontianak. Yakin kalau panggung tanjak selalu ramai dikunjungi nantinya,” ucap Agus. 

Panggung tanjak berada tepat di pinggiran sungai di kawasan Taman Alun Kapuas. Panggung berbentuk tutup kepala khas Melayu Pontianak itu dibangun atas ide Gubernur Kalimantan Barat Sutarmidji dan akan digunakan sebagai salah satu mimbar tilawah pada pelaksanaan STQ XXV Nasional 2019. (NAJ)