SHARE
MUI Kalbar Ajak Umat Muslim Salat Gaib untuk Korban Teror Selandia Baru
Ketua MUI Kalbar K.H. Basri Har (berkopiah putih). Foto: NAJ/kalbarupdates.com

PONTIANAK – Ketua Majelis Ulama Indonesia (MUI) Kalbar K.H. Basri Har mengajak umat muslim untuk melaksanakan salat gaib guna mendoakan para korban aksi terorisme yang terjadi di Selandia Baru. Atas nama pribadi dan organisasi, Basri menyampaikan belasungkawa dan mendoakan agar para korban yang ditembak diberikan tempat terbaik di sisi Allah SWT. 

“MUI juga mengeluarkan pernyataan sikap yang pertama adalah kita berbela sungkawa kepada para korban. Mereka yang sedang melaksanakan sholat Jumat. Kita doakan semoga korban menjadi suhada. Kalau bisa kita juga melakukan shalat gaib untuk para korban,” ujarnya saat diwawancarai via telepon, Sabtu (16/3/2019).

Mengenai aksi teror yang menewaskan puluhan warga muslim tersebut, Basri menyatakan bahwa pihaknya sangat mengutuk keras. Sebab menurut dia, aksi yang dilakukan itu merupakan perbuatan yang tidak beradab dan tidak berperikemanusiaan.

“Lalu kita mengutuk keras apa yang dilakukan oleh penembak tersebut. Karena termasuk perbuatan yang biadab dan tidak berprikemanusiaan,” timpalnya.

Lebih lanjut Basri berharap Pemerintah Republik Indonesia dapat ikut membantu mengusut kasus yang terjadi di dua masjid di Kota Christchurch, Selandia Baru tersebut. Terlebih kata dia, terdapat dua WNI (warga negara Indonesia) yang menjadi korban jiwa atas aksi terorisme itu. Basri juga berharap agar aksi serupa tidak terjadi di Indonesia.

“Kita juga meminta Pemerintah Indonesia melalui jalur diplomatik agar kasus tersebut dapat benar-benar diselesaikan. Apalagi dalam kejadian tersebut terdapat korban jiwa dari Warga Negara Indonesia. Harus ada penyelesaian secara tuntas. Semoga ini tidak terjadi di negara kita,” harapnya. (NAJ)