SHARE
Midji Instruksikan Bupati Mempawah Kawal Proyek Pembangunan Infrastruktur
Gubernur Kalbar melantik Bupati dan Wakil Bupati Mempawah. Foto: Humas Pemprov Kalbar.

PONTIANAK – Gubernur Kalimantan Barat Sutarmidji menginstruksikan Bupati Mempawah Erlina Ria Norsan agar mengawal proyek pembangunan infrastruktur yang sedang berjalan di daerah itu.

Pernyataan tersebut disampaikan Midji saat melantik Erlina Ria Norsan dan Muhammad Pagi sebagai Bupati dan Wakil Bupati Mempawah periode 2019-2024, Minggu (14/4/2019). Pelantikan yang bertepatan dengan hari ulang tahun Erlina Ria Norsan ini dilangsungkan di Pendopo Gubernur Kalbar, Jalan Ahmad Yani Pontianak.

Saat ini terdapat dua proyek besar yang tengah dikerjakan di Mempawah yaitu Pelabuhan Internasional Kijing dan pembangunan Smelter Grade Alumunia Refinery atau pabrik hilirisasi bauksit.

“Saya berharap kedua proyek ini betul-betul bisa berjalan dengan baik tanpa gangguan apapun. Kita jangan ulangi kesalahan kita pada era Gubernur Aspar Aswin yang ingin bangun Pelabuhan Samudera tapi tidak terbangun. Pelabuhan itu baru bisa terbangun pada masa sekarang ini,” ujar Sutarmidji.

Secara khusus mantan Wali Kota Pontianak ini menargetkan Pelabuhan Internasional Kijing dapat beroperasi pada tahun ini. Semakin pelabuhan tersebut beroperasi, lanjut dia, semakin cepat pula Kalimantan Barat memperoleh bagi hasil ekspor yang selama ini belum pernah dinikmati.

“Ada bagian dari daerah yaitu bagi hasil ekspor yang selama ini kita tak pernah menikmatinya. Salah satunya pajak ekspor dari segi yang dihasilkan dari Kalbar. Saat ini, ekspor hanya melalui Belawan dan melalui Tanjung Perak,” jelasnya.

Kepada Erlina Ria Norsan dan Muhammad Pagi, Sutarmidji juga meminta untuk segera merumuskan program pembangunan Pemkab Mempawah. Ia juga berpesan agar program yang dirumuskan itu diselaraskan dengan program yang disusun oleh Pemprov Kalbar.

Pelantikan Bupati dan Wakil Bupati Mempawah ini merupakan hasil Pilkada serentak pada tahun 2018 lalu. Pilkada Mempawah yang diikuti oleh empat pasang calon itu dimenangkan oleh pasangan Erlina Ria Norsan dan Muhammad Pagi dengan perolehan suara sebanyak 54.945. (NAJ)