SHARE
Menyulap Kain Perca Menjadi Bunga Tulip
Kreasi bunga tulip cantik dari kain perca. Foto: NAN/Kalbarupdates.com

PONTIANAK – Setiap orang punya cara masing-masing untuk melepas penat usai melakoni rutinitas harian. Seperti Rini Agustia Pratiwi, seorang guru di salah satu sekolah menengah pertama (SMP) di Kota Pontianak. Dia memilih memanfaatkan waktu weekend dengan membuat berbagai jenis bunga tulip cantik dari kain perca.

“Saya ingin memanfaatkan barang bekas. Karena kan banyak limbah dari tukang jahit yang tidak dipakai. Saya pikir dari pada dibuang lebih baik dimanfaatkan,” kata Rini di Pontianak, Sabtu (7/7/2018).

Merangkai bunga tulip ini dilakoninya sejak setahun belakangan. Ide itu juga muncul dari video tutorial dari YouTube. Sebetulnya, bunga-bunga cantik ini, kata Rini hanya produksi pribadi. Kendati begitu, ia juga membuka peluang dengan menerima pesanan dari kerabat terdekat.

“Sudah lumayan banyak yang mesan. Karena lucu kan. Paling orang taunya bunga jadi di pasar. Dan ketika ngelihat ini mereka jadi tertarik,” jelas ibu dua anak ini.

Guru bidang studi Bahasa Inggris ini menuturkan untuk membuat satu tangkai bunga tulip diperlukan waktu 10 hingga 15 menit. Asalkan bahan baku yang diperlukan sudah tersedia. Apa saja bahan bakunya? Di antaranya kain perca, selotip, sumpit, pernak pernik hiasan kecil seperti mutiara, gunting, dan benang jahit.

“Biasanya saya buat lima sampai sepuluh tangkai,” kata Rini.

Selain menggunakan tangkai, Rini mengatakan kreasi bunga tulip dari kain perca ini juga bisa dibuat sebagai hiasan dinding. “Bisa ditempel pakai kardus sesuai pola yang kita mau. Baru ditempel di dinding. Di rumah saya juga gunakan sebagai hiasan ruang tamu,” terang dia.

Ia mengaku satu buah tangkai bunga tulip biasanya diberi harga Rp10 ribu. Jika ada yang membeli dengan harga Rp100 ribu akan diberi bonus dua tangkai bunga tulip.

“Ada niat untuk mengembangkannya nanti menjadi usaha. Tapi untuk sekarang saya bergerak karena hobi saja dulu,” ucapnya. (NAN)