SHARE
Masjid Raya Mujahidin Kembali Gelar Shalat Berjemaah Mulai Jumat Esok
Ilustrasi : https://www.harianterbit.com

PONTIANAK – Pengurus Yayasan Masjid Raya Mujahidin Kalimantan Barat (Kalbar) memutuskan bakal menggelar shalat Jumat pada 5 Juni 2020. Pelaksanaan shalat Jumat ini akan diikuti dengan shalat wajib 5 waktu lainnya.

“Keputusan juga diambil dari hasil rapat pengurus Yayasan Mujahidin Kalbar pada Selasa kemarin,” kata Ketua Yayasan Mujahidin Kalbar, Thamrin Usman, Kamis (4/6/2020).

Menurut dia, keputusan ini mengacu pada Surat Edaran Menteri Agama Nomor 15 Tahun 2020 tentang Panduan Penyelenggaraan Kegiatan Keagamaan di Rumah Ibadah dalam Mewujudkan Masyarakat Produktif dan Aman Covid-19 di Masa Pandemi.

“Keputusan tersebut menjadi dasar pelaksanaan ibadah di Masjid Raya Mujahidin Kalbar dalam kondisi new normal,” ujar Thamrin.

Dia memastikan, pelaksaan shalat berjamaah di Masjid Raya Mujahidin juga akan mengikuti protokol kesehatan.

“Kita akan mengikuti protokol kesehatan Covid-19 dalam kondisi new normal. Semua yang dibutuhkan sudah disiapkan oleh Pemprov Kalbar seperti masker dan lainnya,” ucap Thamrin.

Dia menjelaskan, Masjid Raya Mujahidin juga tidak menggunakan kotak infaq yang bergeser dari jemaah ke jemaah, tetapi menyediakan kotak infaq yang disimpan di depan tangga atas dan tempat-tempat lain yang strategis.

“Jemaah yang mau shalat harus bawa sajadah masing-masing. Kita sudah siapkan thermometer infra red untuk deteksi suhu jemaah. Kita juga sudah siapkan wastafel dan sabun untuk cuci tangan,” pungkas Thamrin. (R-1)