SHARE
Langkah Imigrasi Dalam Pencegahan Corona di Kalbar
Konferensi pers terkait upaya multi pihak dalam mencegah virus corona di Kalbar. Foto: HAG/kalbarupdates.com

PONTIANAK – Imgrasi bekerja sama dengan Dinas Kesehatan Kalbar dan Stasiun Pengawasan Sumber Daya Kelautan dan Perikanan (PSDKP) Pontianak, terus berupaya meningkatkan pencegahan penyebaran virus corona.

“Kita akan lebih bersinergi lagi dengan PSDKP kemudian di situ ada dari Dinkes untuk lebih memilah dan memilih serta menyeleksi siapa saja yang boleh masuk ke Indonesia, siapa saja yang dilarang masuk ke Indonesia,” ujar Tatang Suheryadin saat konferensi pers di Kantor Imigrasi Kelas 1 TPI Pontianak, Senin (9/3/2020).

Ia mengatakan bahwa pihaknya akan memberi peningkatan peralatan kesehatan di Tempat Pemeriksaan Imigrasi (TPI) yang ada.

“Untuk TPI ada dua. Ada TPI laut ada TPI udara. Khusus di TPI udara kita memberlakukan seluruh anggota untuk dipersenjatai dengan peralatan kesehatan. Seperti sarung tangan, masker, alat pencuci tangan yang higienis karena takut bersentuhan langsung,” lanjutnya.

Tatang mengatakan, Malaysia sudah menutup salah satu gate bandara. Namun itu bukan untuk melarang seluruh warga yang ingin ke Malaysia. Gate itu hanya standarisasi setelah adanya virus corona.

“Gate itu kurang lengkap fasilitasnya, karena di gate tersebut tidak ada pemeriksaan kesehatan. Itu hanya pengalihan dari gate pertama ke gate yang ada pemeriksaan kesehatannya,” ujarnya.

Kemudian untuk pelabuhan laut pihak Imigrasi juga tetap berkoordinasi dengan Dinkes. Pihaknya meminta untuk menyediakan alat-alat kesehatan, perlindungan, serta obat yang steril. (HAG)