SHARE
KPU Tetapkan Midji-Norsan Gubernur Kalbar Terpilih
Gubernur dan Wakil Gubernur Kalbar terpilih periode 2018-2023 Sutarmidji-Ria Norsan. Foto: NAN/Kalbarupdates.com

PONTIANAK – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kalimantan Barat menggelar Rapat Pleno Terbuka Penetapan Pasangan Calon Gubernur dan Wakil Gubernur Kalimantan Barat terpilih periode tahun 2018-2023, di Ballroom Hotel Kapuas Palace, Pontianak, Selasa (24/7/2018).

Sesuai keputusan Mahkamah Konstitusi (MK), calon Gubernur dan Wakil Gubernur Kalbar Sutarmidji-Ria Norsan ditetapkan sebagai pasangan terpilih tahun 2018-2023. Pasangan nomor urut 3 ini memperoleh suara sebesar 51,55 persen dari total suara sah.

Ketua KPU Kalbar Ramdan menuturkan hasil rapat pleno terbuka ini akan diserahkan kepada DPRD. Itu merupakan tahapan pengusulan, pengesahan, dan pengangkatan, sesuai dengan PKPU Nomor 9 tentang Rekapitulasi. “Jadi sesuai pasal 62, kita menyerahkan kepada DPRD Provinsi Kalbar,” kata Ramdan usai rapat rekapitulasi.

Dia menambahkan, DPRD akan menyampaikan pengusulan ke Presiden melalui Kemendagri sesuai amanat Undang-Undang No 8 tahun 2015. Hasil rapat pleno ini, akan diserahkan ke DPRD Provinsi Kalbar pada 25 Juli 2018.

Namun, kata Ramdan, berita acaranya sudah bisa diserahkan pada malam hari usai pleno. Penetapan calon gubernur dan wakil gubernur ini segera dilakukan lantaran Kalbar tidak ada sengketa hasil pemilu yang diajukan ke Mahkamah Konstitusi. “Untuk pelantikan, itu ranahnya Presiden melalui Kemendagri,” tandasnya.

Sementara itu, ucapan syukur disebutkan Gubernur dan Wakil Gubernur Kalbar terpilih Sutarmidji dan Ria Norsan setelah ditetapkan oleh KPU Provinsi Kalbar. Apalagi Pilkada yang berjalan kondusif. Walaupun ada riak-riak tapi jauh dari prediksi awal.

Sutarmidji mengatakan bahwa ia yakin Pilkada berlangsung kondusif dan demokratis. “Saya dari awal, apa pun yang dikatakan untuk saya dan pak Ria Norsan, senyumin aja. Jadi jangan beladen. Akhirnya semua berjalan dengan baik,” ungkapnya.

Pasangan Sutarmidji dan Ria Norsan, kata Midji, sapaan karib Gubernur Kalbar terpilih ini bahwa visi misinya akan dituangkan ke dalam RPJMD. Mereka berdua akan melihat skala prioritas dari pembangunan. Kemudian dari sekarang memulai pembahasan KUA PPAS dan nanti penjabaran RKA setelah mereka dilantik.

Setelah dilantik nanti, Midji mengungkapkan bahwa Kapuas Raya sedang berproses dan tetap berjalan. Lalu rumah sakit, pendidikan, dan insfrastukur lainnya tetap merupakan prioritas utama.

“Rumah sakit, saya janji, saya bersama Pak Ria Norsan akan membenahi secara menyeluruh,” janjinya.

Ia menambahkan, yang utama untuk rumah sakit adalah akreditasi bisa A. Yang paling pertama menurutnya harus menjadi rumah sakit pendidikan. Rumah ini harus bekerja sama dengan rumah sakit internasional.

Midji mengatakan bahwa tinggal memilih, apakah rumah sakit di Singapura atau Malaysia. “Itu harus ya, syarat untuk akreditasi harus dipenuhi,” jel\asnya.

Ia memastikan, kemungkinan satu bulan paling lama setelah mereka berdua resmi menjabat akan mereka realisasikan. Pasangan yang memiliki jargon Kalbar Baru ini memperoleh suara sebanyak 1.134. 512.

Sedangkan Wakil Gubernur Terpilih Ria Norsan mengatakan, saat dibacakannya dirinya sebagai wakil gubernur yang ditetapkan oleh KPU Kalbar, perasaannya nano-nano. Ada rasa senang, terharu, dan sedih.

“Hati saya terasa nano-nano, senangnya itu karena malam ini ditetapkan sebagai wakil gubernur terpilih,” ungkap Ria Norsan.

Sedangkan untuk janji kampanye, dirinya memastikan akan memenuhi segala janji-janji kepada masyarakat. “kami akan memenuhi janji kami selama proses kampanye kemaren. Sesuai dengan prosedur dan aturan yang berlaku,” ucapnya. (NAN)