SHARE
Kafilah Pontianak Pastikan Siap Hadapi MTQ Kalbar
Kafilah Pontianak saat menyatakan kesiapannya menghadapi MTQ Kalbar. Foto: Dok Prokopim Kota Pontianak

PONTIANAK – Ketua Kafilah Kota Pontianak Akhmad Nurdin menjelaskan sejauh ini Kafilah Kota Pontianak sudah melakukan persiapan untuk mengikuti Musabaqah Tilawatil Quran (MTQ) XXVIII Tingkat Provinsi Kalbar. Para peserta sudah menjalani pemusatan latihan sejak 1 September 2020.

“Untuk cabang fahmil, syarhil, khat Qur’an berakhir pada 6 September lalu pemusatan latihannya,” ujarnya saat menyaksikan lomba MTQ XXVIII Tingkat Provinsi Kalbar yang digelar di Masjid Raya Mujahidin, Senin (7/9/2020).

Selanjutnya, lanjut dia, para peserta Kafilah Kota Pontianak yang telah mengikuti pemusatan latihan tersebut mengikuti lomba pada hari ini di Masjid Raya Mujahidin. Sementara untuk cabang Qiraat Sab’ah dan Tahfiz Qur’an, proses pemusatan latihan masih berlanjut hingga 10 September 2020. “Karena mereka akan tampil secara virtual pada 10 September mendatang,” katanya.

Sedangkan untuk cabang tilawah anak-anak, remaja, dewasa, dan tartil anak-anak, proses pemusatan latihan masih berlanjut hingga 14 September. Lalu pada 15 September mereka akan diberangkatkan ke Kabupaten Sekadau. “Kita telah mempersiapkan seluruh kafilah dengan sebaik-baiknya,” ungkapnya.

Untuk cabang faktual yakni fahmil qur’an, syarhil qur’an, dan khat qur’an dilaksanakan di Kota Pontianak. Kemudian untuk yang virtual yakni cabang tilawah usia emas, qiraat sab’ah, dan tuna netra, tahfiz qur’an 1, 5, 10, 20, dan 30 juz serta cabang tafsir. “Itu dilaksanakan di masing-masing kabupaten/kota,” tutur Nurdin.

Untuk cabang-cabang yang digelar secara faktual di Kabupaten Sekadau yakni tartil dan tilawah anak-anak, tilawah remaja dan tilawah dewasa. Rencananya akan digelar mulai tanggal 16 – 21 September 2020 mendatang. “Kita berharap semoga dalam pelaksanaan MTQ XXVIII Tingkat Provinsi Kalbar ini berjalan lancar,” pungkasnya. (*/R-1)