SHARE
Jemaah Calon Haji Mulai Padati Asrama Haji Pontianak
Jemaah calon haji dari berbagai daerah tampak mulai memadati Asrama Haji Pontianak. Foto: NAJ/kalbarupdates.com

PONTIANAK– Ratusan jemaah calon haji asal Kalimantan Barat mulai memadati Asrama Haji Pontianak, Sabtu (13/7/2019). Di hari pertama kedatangan jemaah ini, Asrama Haji Pontianak akan menampung sebanyak 443 jemaah dari berbagai daerah antara lain Kabupaten Mempawah, Landak, Sanggau dan Melawi.

Salah satu petugas penyelenggara ibadah haji Nur Ayub mengungkapkan bahwa jemaah haji kloter 11 ini akan diinapkan selama semalam sebelum diberangkatkan menuju Asrama Haji Batam Center, Provinsi Kepulauan Riau keesokan harinya (Minggu, 14/7/2019). Jemaah rencananya akan diberangkatkan dari Bandara Supadio Kubu Raya pada pukul 10.00 WIB dan akan didampingi oleh 5 orang petugas kloter.

“Kalau tidak ada halangan, mereka akan diberangkatkan besok jam 10. Malam ini mereka diinapkan dulu di Asrama Haji Pontianak,” ucapnya. 

Nur Ayub menambahkan kedatangan jemaah haji ini akan berlangsung selama 6 hari berturut-turut, terhitung sejak tanggal 13-18 Juli 2019. Belasan hari setelah itu atau tepatnya pada 31 Juli, lanjut dia, jemaah haji yang merupakan kuota tambahan juga dijadwalkan akan menempati Asrama Haji Pontianak untuk kemudian diberangkatkan menuju Asrama Haji Batam Center.

Sementara itu, jemaah calon haji asal Kabupaten Mempawah Julianto menyampaikan apresiasinya kepada Pemerintah Provinsi Kalimantan Barat atas pelayanan yang diberikan kepada jemaah. Ia juga memohon doa kepada masyarakat Muslim di Kalimantan Barat agar seluruh jemaah calon haji diberikan kemudahan selama menjalankan ibadah haji serta menjadi haji yang mabrur.

“Terima kasih kepada pemerintah daerah karena meskipun kita ini baru tiba, tapi sudah bisa menjalankan aktivitas dengan nyaman. Alhamdulillah, mudah-mudahan Allah memudahkan perjalanan saya dan semua rombongan,” harapnya. 

Julianto yang merupakan guru PNS di salah satu sekolah di Kabupaten Mempawah ini juga mengaku harus menunggu selama 7 tahun untuk bisa berangkat haji. Ia juga tak henti mengucap syukur karena atas nikmat Allah, dirinya bisa berangkat haji bersama istrinya. (NAJ)